17 Sep 2019 18.42.43 - Iwan

Pemandangan Indah Kawah Talaga Bodas

Kawah-Talaga-Bodas-2

Kawah Talaga Bodas merupakan objek wisata alam di Garut bertema wisata alam yang cukup favorit setelah Gunung Papandayan. Talaga artinya “danau” sedangkan bodas artinya “putih” dan jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah “Danau Putih”.

Sesuai dengan namanya “Talaga Bodas” kawah di Gunung ini membentuk danau dengan air berwarna putih. Meskipun aktivitas vilkanik di kawah ini masih aktif, akan tetapi tidak akan membahayakan keselamatan pengunjung.

Suasana sejuk disertai view pemandangan yang indah bisa ditemukan di sini karena Gunung Talaga Boadas masih rimbun dan hijau juga berbatasan langsung dengan hutan belantara. Objek Wisata ini dikelola oleh BKSDA Jawa Barat II dengan status kepemilikan lahan oleh Departemen Kehutanan.

Objek wisata ini terletak di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja kabupaten Garut. Jarak tempuh dari Terminal Garut kurang lebih sekitar 20,6 km atau waktu perjalanan normal menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4 kurang lebih sekitar 40 menit.

Kawah-Talaga-Bodas-1

Memasuki jalan utama Talaga Bodas yang terletak sebelah kanan jalan kurang lebih 20 meter ke timur dari kantor Kecamatan Wanaraja jika arah dari Garut kota kondisi jalan cukup baik walau agak sempit sehingga tidak tidak direkomendasikan untuk pengunjung menggunakan bus besar.

Jika sudah terlanjur menggunakan bus, baiknya cari tempat parkir di sekitar alun-alun atau pasar wanaraja dan cari alternatif kendaraan lain seperti angkot, mobil pick up atau ojek, sedangkan untuk kendaraan roda empat dan roda dua pribadi (bukan bus) dipastian aman dan sangat memungkinkan untuk sampai dilokasi.

Harga tiket masuk Kawah Talaga Bodas weekday adalah 7.500/orang dan tiket mobil pribadi 10.000/mobil ditambah biaya parkir 5.000/mobil . Sedangkan weekand adalah 9.500/orang tanpa ada kenaikan untuk harga tiket mobil juga parkir.*