13 Sep 2019 21.20.15 - Iwan

Piknik ke Kebun Raya Cibodas

Kebun-Raya-Cibodas-3

Kebun Raya Cibodas adalah obyek wisata untuk keluarga yang ada di Kabupaten Cianjur.  Kebun ini memiliki satu keunikan, yakni rumputnya seperti Taman Teletubies. Kebun raya yang juga dikenal dengan nama Cibodas Botanical Garden ini merupakan taman yang mempunyai luas sekitar 80 hektare dan memiliki topografi berbukit.

Keindahan kebun Cibodas ini tak hanya terkenal di kalangan wisatawan lokal saja, tetapi juga sampai mancanegara. Bahkan, seorang ahli fisiologi tumbuhan yang bernama Dr. Went mengatakan jika Kebun Raya ini adalah jelmaan surga di dunia. Wah, hebat, ya!

Kebun Raya Cibodas yang terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur ini. Memang tepat berada di bawah kaki gunung Gede Pangrango dengan ketinggian 1.275 m dpl dan bersuhu udara 17–27 derajat celcius. Bayangkan betapa sejuk dan segarnya udara di kebun raya yang satu ini.

Kebun-Raya-Cibodas-2

Sejarah Kebun Raya Cibodas menurut beberapa sumber, didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann, seorang ahli Botani Belanda, sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor pada lokasi di kaki Gunung Gede. Awalnya beliau membuka kebun raya ini untuk perkebunan kina.

Tapi ternyata tanah Cibodas tidak cocok untuk pohon kina. Dengan curah hujan 2.380 mm per tahun dan suhu rata-rata 18 derajat celsius, akhirnya kebun botani ini dikhususkan bagi koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti berbagai tumbuhan runjung dan paku-pakuan.

Selain keindahan dan kesejukan alamnya, karena Kebun Raya ini termasuk Botanical Garden, sehingga Kebun Raya Cibodas didukung oleh koleksi pepohonannya yang banyak sekali jenis dan variannya. Di sini tersimpan koleksi ratusan pepohonan baik yang tua maupun pepohonan muda. Tercatat 5.831 contoh tanaman dari 1.206 jenis hidup disini.

Kebun-Raya-Cibodas-1

Jika kamu berkunjung ke rumah kaca yang ada di Kebun Raya Cibodas, kamu bisa melihat beragam jenis kaktus, anggrek dan tanaman langka yang beraneka ragam. Ada hampir 4.000 contoh tanaman dari 350 jenis kaktus 360 jenis anggrek tersimpan di rumah kaca ini. Luar biasa bukan?

Beberapa lokasi yang paling diminati pengunjung selain rumah kaca (green house) adalah Jalan Araucaria (auracarua Avenue), Air Terjun Cibodas, Sungai, lokasi lanskap, kebun pohon sakura, air mancur, danau dan yang paling penting semuanya terbalut dalam konsep taman hijau yang indah dan menyejukan. Sangat cocok sebagai liburan keluarga atau kumpul komunitas. Dan tak lupa disana pun ada tempat menyewa kuda, sehingga kamu bisa menikmati keindahannya sambil berkuda.

Nah, pada saat bibit pohon kina yang datang dari negeri Belanda tiba di Batavia yaitu pada 11 April 1852 ini yang kemudian dijadikan hari lahirnya Kebun Raya Cibodas. Uniknya setiap tanggal 11 April, kamu bisa bebas masuk ke Kebun Raya Cibodas gratis. Jadi bagi kamu yang suka gratisan silahkan kunjungi Kebun Raya Cibodas pada tanggal tersebut.*