648
Thursday, 08 June 2023 10:16 (8 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

SMP IT Pesantren Qur'an Kayuwalang Cirebon: Membangkitkan Minat Literasi dengan Prestasi yang Menginspirasi

SMP IT Pesantren Qur'an Kayuwalang Cirebon: Membangkitkan Minat Literasi dengan Prestasi yang Menginspirasi

Pasundan.id - Dalam setahun terakhir, lembaga pendidikan SMP IT Pesantren Qur'an Kayuwalang di Kota Cirebon telah meraih banyak prestasi dalam kegiatan literasi. Salah satu contohnya adalah Ubaid Hasib Alaudin, siswa kelas 9, yang mendapatkan penghargaan sebagai salah satu penulis nasional dengan tema tulisan “Indahnya Berproses".

Penghargaan ini diberikan dalam acara yang diselenggarakan oleh Komunitas Literasi Anak Negeri pada 1-12 Maret 2023. Selain Ubaid, terdapat juga Ibnu Mubarak dari kelas 9, Salman Alfarizi dari kelas 9, dan Syifa Nuswatul Husna dari kelas 8. Tulisan mereka telah dibukukan dalam buku antologi "Indahnya Berproses" bersama dengan tulisan penulis-penulis lainnya dari seluruh Indonesia yang lolos seleksi penulis nasional.

Melalui program ekstrakurikuler literasi dan leadership, para santri/siswa melakukan kegiatan pembinaan dan latihan setiap minggu di bawah bimbingan guru literasi Wuryanti, S.Pust, serta arahan langsung dari pimpinan pesantren Kyai Agus Talik, S.Ag. M.Pd., yang juga seorang penulis.

Pada bulan Romadhon 1434 H/2023 M yang lalu juga diadakan pelatihan kepemimpinan santri, dan salah satu hasil dari program tersebut adalah buku berjudul "Inspirasi Romadhon" yang ditulis oleh peserta pelatihan, terdiri dari santri kelas 9 dan 10 SMP IT-MA Unggulan Pesantren Qur'an Kayuwalang.

Siti Julaeha R. S.Pd selaku kepala sekolah menyatakan, tidak hanya literasi tulisan, santri Pesantren Qur'an Kayuwalang juga dilatih dan dibimbing dalam literasi lisan melalui presentasi dan praktek mengajar. Pada saat sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), beberapa siswa diberi kesempatan untuk memberikan materi motivasi kepada adik-adik siswa kelas 6 SD di beberapa sekolah yang ditunjuk.

“Respon dari adik-adik siswa kelas 6 ini sangat antusias dan mereka senang dengan acara motivasi yang diberikan oleh santri Pesantren Qur'an Kayuwalang. Bimbingan retorika kepada para siswa juga membuahkan hasil, di mana Hakim Putra Jaelani, siswa kelas 9, meraih juara kedua dalam lomba pidato dalam pentas PAI se-Kota Cirebon,” kata Siti.

Selain model penyampaian motivasi dan literasi lisan, terdapat program pengabdian masyarakat berupa tutor sebaya, di mana santri mengajar pengajaran Al-Qur'an dengan metode Btq plus cara cepat baca tulis Al-Qur'an di beberapa masjid/TPA/Madrasah di sekitar pesantren.

“Semua kegiatan literasi ini diharapkan mampu mengasah kemampuan para santri sehingga potensi mereka dalam prestasi literasi dapat muncul dengan baik,” pungkas Siti. (*)

SMP IT Pesantren Qur'an Kayuwalang

Komentar

Berita Terkait