16 Sep 2019 17.12.02 - Iwan

Tenjo Laut, Wisata Kekinian yang Mempesona

Tenjo-Laut-1

Mendengar namanya, kamu pasti berpikir bahwa wisata yang satu ini memiliki hamparan pasir yang indah seperti di pantai. Namanya memang ada laut-lautnya, tapi sebenarnya ini adalah kawasan wisata hutan. Tapi tenang, meski nggak bertemu laut, kamu tetap terpuaskan dengan asrinya keadaaan alam di Tenjo Laut.

Wisata Tenjo laut ini berupa objek wisata yang mengandalkan panorama alam lereng Gunung Ciremai. Berada di lokasi tanah yang kemiringannya cukup curam. View yang disajikan sungguh luar biasa indah dan mempesona. Pemandangan  kota Kuningan dan disekitarnya dapat terlihat jelas dari sini.

Obyek wisata ini terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), tepatnya di Desa Cisantana Kec. Cigugur Kab. Kuningan Jawa Barat. Tenjo Laut yang berdiri pada tahun 2016 ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat dari tiga desa di sekitar kawasan itu.

Kawasan wisata ini kerap dipadati pengunjung apalagi saat weekend atau hari-hari libur. Banyak pengunjung yang berselfie ria dengan latar beberapa spot keren di kawasan ini. Oh ya, yang mengunjungi kawasan wisata ini bukan hanya masyarakat Kuningan loh, banyak juga wisatawan yang datang dari Ciamis, Cirebon dan bahkan Majalengka.

Tenjo-Laut-2

Selain pemadangan alam yang indah dan asri, di sini kamu bisa menemukan tempat yang asyik untuk selfie. Spot-spot tersebut yakni rumah pohon, rumah gorilla dan lorong pinus. Kamu juga bisa berfoto ria di sarang burung raksasa di tempat itu. Menikmati hamparan hijau lembah Gunung Ciremai dari atas jembatan awan juga nggak kalah menyenangkan. Di sini juga ada rumah Hobbit. Pokoknya, spot-spot di sini instagramable banget deh!

Kawasan wisata Tenjo Laut juga terdapat habitat hewan langka.  Satwa terebut yakni ayam hutan, elang jawa dan landak. Sayang, lantaran berada dalam kawasan khusus, nggak sembarang orang bisa masuk ke kawasan satwa ini . Kamu harus punya izin dulu dari dinas terkait kalau mau memasukinya.

Tiket masuknya juga cukup terjangkau, hanya Rp 10 ribu per rang. Jadi jika kamu sudah berada di Kota Kuningan dan sedang berada di Objek Wisata Curug Putri  apalagi sedang kemping di Buper Palutungan, tidak ada salahnya mampir sejenak di Objek Wisata Tenjo Laut dengan berjalan kaki "hiking" atau dengan berkendaraan.*