16 Sep 2019 17.06.41 - Iwan

Nuansa Alami Bukit Panembongan

Bukit-Panembongan-1

Kabupaten Kuningan memang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Banyak sekali potensi alam yang begitu menakjubkan. Salah satunya adalah Bukit Panembongan yang kini menjadi salah satu objek wisata Kuningan paling populer. Bukit Panembongan menawarkan sisi lain indahnya alam Kabupaten Kuningan.

Memiliki pesona yang mengagumkan, Bukit Panembongan memang bisa dibilang sebagai salah satu spot yang asyik dan oke untuk mengabadikan diri melalui lensa kamera. kamu bisa mengambil foto diri maupun bersama kerabat dan teman-teman di tempat ini sepuasnya, dengan bebas. Hasilnya bias kamu pamerkan di akun media sosial seperti Facebook atau Instagram.

Salah satu spot oke yang populer dijadikan tempat mengambil foto dan selfie adalah Gardu Pandang. Ini adalah gardu yang terbuat dari material bambu dan berada di tempat yang tinggi. Jadi, jika kamu mengambil foto di lokasi ini, kamu akan mendapatkan background hamparan pohon hijau kekuningan, selain awan putih dan langit. Untuk bisa sampai ke Gardu Pandang ini, kamu diharuskan melewati jembatan yang terbuat dari bambu terlebih dahulu, yang dinamakan Jembatan Cinta.

Ingin hasil foto oke lainnya? Tidak ada salahnya untuk berfoto bersama delman. Pasalnya, di desa sekitar Bukit Panembongan, transportasi tradisional delman memang masih bisa dijumpai. Jika berkenan, kamu pun bisa mencoba naik delman untuk berkeliling desa di sekitar bukit ini, yang bakal membawa kamu kembali ke masa-masa tempo dulu.

Untuk menuju ke Bukit Panembongan, Desa Tembong, Kecamatan Garawangi memang membutuhkan kesabaran. Letaknya yang reatif jauh dari jalan utama, serta minimnya rambu-rambu yang menunjukan arah ke Wisata Bukit Panembongan menjadi tantangan tersendiri bila kita ingin berwisata ke Bukit Panembongan.

Bukit-Panembongan-2

Hanya saja mungkin inilah yang harus kita tempuh terlebih dahulu, untuk menuju keasrian yang menyejukkan dan memanjakan pandangan mata seperti segala yang ada di Wisata Bukit Panembongan.

Dari pusat Kota Kuningan silakan langsung menuju ke Kecamatan Garawangi di Jalan Raya Lengkong. Dari Kantor Kecamatan Garawangi terus lurus, sebelum bertemu Masjid Lengkong dari arah Kota Kuningan, belok kanan. Ikuti saja jalan tersebut hingga melewati jembatan, lalu terus lurus sampai SD N Tembong, ada perempatan lurus terus hingga sampai di loket di Desa Tembong.

Setelah membayar parkir Rp3.000/kendaraan, dari area parkir kamu harus berjalan kaki sekitar 500 meter menuju lokasi, tempat untuk menyaksikan pemandangan indah.

Di tempat instagramable paling hits di Kuningan ini, ada fasilitas tempat duduk yang posisinya menjorok ke jurang, cocok dijadikan tempat untuk berfoto, bahkan untuk sesi foto preweding.

Ada fasilitas yang cukup unik di objek wisata Bukit Panembongan, yaitu Tower Guludug, sebuah menara yang terbuat dari bambu yang posisinya menjorok ke jurang. Dari Tower Guludug, wisatawan bisa melihat wilayah selatan Kabupaten Kuningan yang indah luar biasa.

Pengunjung di Bukit Panembongan tak hanya warga Kuningan saja, melainkan juga dari luar daerah seperti Indramayu, Cirebon, Bandung hingga Jakarta. Tak heran jika saat akhir pekan, objek wisata Bukit Panembongan selalu ramai.*