3 Sep 2019 18.41.27 - Iwan

Gemericik Air Curug Gado Bangkong

Curug-Gado-Bangkong-1

Gado Bangkong merupakan sebuah air terjun (curug) yang terletak di kaki Gunung Galunggung. Tepatnya berada di Kampung Pasirmalang Kepunduhan Cigaleuh Desa Santanamekar Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. 

Curug Gado Bangkong memiliki pemandangan air terjun yang menarik dengan ketinggian sekitar 70 meter. Curug Gado Bangkong nampak begitu menakjubkan. Suasana alam yang begitu asri disertai gemericik air sangat menyejukkan jiwa.

Menurut penuturan penduduk setempat, konon nama Gado Bangkong diberikan karena adanya mitos yang menyebutkan adanya makhluk halus berwujud katak raksasa yang tinggal di sekitar lokasi air terjun. Nama Gado Bangkong sendiri kalau dalam Bahasa Indonesia artinya Dagu Katak.

Seperti objek wisata lainnya, Curug Gado Bangkong juga memiliki beberapa keunikan yang perlu kamu rasakan. Banyak bebatuan dan dikelilingi pepohonan yang rimbun. Jika kamu ke curug ini, kamu akan disambut dengan gemuruhanya air yang turun dari atas serta hembusan angin serta air yang menyemprot. Suasananya di curug ini dingin begitu juga dengan airnya.

Selain keindahan alamnya ternyata curug ini juga menawarkan keunikan lainnya. Di sekitar curug ini banyak warga masyarakat menjajakan makanan khas daerah seperti sayuran pakis, poh pohan, rombeh, saladah, pecel, dan buah-buahan lokal.

Curug-Gado-Bangkong-2

Wana wisata ini masih dalam tahap pengembangan. Kamu hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 per motor dan retribusi sebesar Rp5.000 per orang, tergolong sangat murah jika dibandingkan dengan pesona alam yang akan kamu dapatkan di objek wisata ini.

Untuk menuju ke curug ini cukup relatif mudah. Bagi kamu yang menggunakan kendaraan roda dua, baik motor atau sepeda bisa terus masuk ke tempat parkir. Bagi kamu yang membawa kendaraan roda empat, aksesnya cukup jauh dari lokasi, jadi harus berjuang ekstra.

Rute perjalanan ke lokasi wana wisata ini adalah dari Kecamatan Cisayong atau dari jalan baru Singaparna menuju Desa Santanamekar. Alternatif lainnya untuk menuju ke curug ini, yaitu sekitar 30-40 menit dari Alun-alun Singaparna menggunakan kendaraan motor, terus menuju Jalan Raya Ciawi-Singaparna (Jln Cisinga), terus menuju Kecamatan Cisayong, Desa Santanamekar.

Jarak curug ini sekitar 4,5 kilometer dari Kantor Desa Santanamekar. Apabila dari pusat Kota Tasikmalaya hanya sekitar 15 kilometer baru sampai di curug. Jika sudah sampai di Gapura Kampung Cicurug, berarti sudah dekat, sekitar 1 km lagi akan tiba di lokasi curug.*