10 Mar 2019 16.54.03 - Aditya Y Pradhana

Bandung Ibu kota Provinsi Jawa Barat dengan Berbagai Macam Julukannya

2 Bandung Ibu kota Provinsi Jawa Barat dengan Berbagai Macam Julukannya

Kota Bandung yang menjadi ibu kota dari Provinsi Jawa Barat ini terletak pada ketinggian kurang lebih 768 m diatas permukaan laut dan menyimpan berbagai macam julukan terkenal. Selain kesejukan di Kota Bogor, Kota Bandung juga merupakan kota yang indah dan sejuk. Hal ini disebabkan oleh banyaknya area kebuh teh yang menyebabkan kesejukan hakiki dari ibu kota Provinsi ini. Karena hal itu, Kota Bandung mejadi kota yang sering diburu untuk dijadikan tempat berlibur oleh mayoritas orang.

Kota Bogor ternyata menyimpan hal unik dan membanggakan lainnya yaitu sebagai pusat pembuatan obat dunia. Hal ini karena Kota Bandung memproduki obat Haepatitis B dan juga obat rabies yang khusus dan hanya dibuat di Pasteur, Bandung untuk dikirim di seluruh penjuru dunia. Berikut adalah julukan atau sebutan dari Kota Bandung yang merupakan Ibu kota Provinsi Jawa Barat.

Parijs Van Java

Tidak akan pernah habis cerita dan kekaguman ketika membahas tentang Ibu kota Provinsi di Jawa Barat ini. Kota terbesar di Jawa Barat ini memiliki keindahan yang sulit dipungkiri ketika sudah menjejakkan kaki di Kota Bandung ini. Menurut orang pada zaman kolonial Belanda, Kota Bandung memiliki daya tarik yang sama persis dengan Kota Paris di Perancis. Dijuluki sebagai Parijs Van Java yang berarti sebagai Kota Paris dari Pulau Jawa membuktikan betapa indahnya Kota Bandung sampai disandingkan dengan Kota Romatis seperti Paris.

Kota Kembang

Selain dijuluki sebagai Parijs Van Java, Kota Bandung juga mendapat sebutan sebagai Kota Kembang. Hal ini disebabkan karena tumbuhnya ratusan bunga-bunga dan pohon-pohon di kota ini. Kecantikan dan keindahan dari hamparan bunga-bunga ini menjadikan alasan mengapa Kota Bandung mendapat julukan Kota Kembang. Dibukanya berbagai destinasi taman wisata seperti Lembang Cihideung yang berlokasi di desa Cihideung, kecamatan Parongpong.

Kabupaten Bandung Barat dan menjadi kawasan tumbuhnya bunga-bunga cantik serta dengan dikelilinginya taman tersebut oleh hutan Pinus yang menambah daya tarik keindahan dari taman bunga Lembang Cihideung ini kemudian ada pula tempat bernama Kampoeng Tulip yang berlokasi di Jln raya pasir pogor-banyu biru, Jl. Ciwastra, Mekarjaya, Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat yang menyuguhkan tempat wisata ala Negara Belanda dengan bunga tulip dan kincir angin khas Belanda sebagai objek wisatanya.

City of Heritage

Ibu kota Provinsi ini terkenal dengan sejarah-sejarah yang sangat mengagumkan. Tempat-tempat bersejarah tersebar di banyak tempat di Kota Bandung. Oleh sebab itu pula sebutan sebagai kota sejarah atau The City of Heritage diberikan kepada Kota Bandung. Belum tepat rasanya apabila berkunjung ke kota dengan julukan City of Heritage dan tidak melihat sejenak bekas tempat-tempat bersejarah yang saat ini dijadikan museum.

Seperti Museum Konferensi Asia-Afrika yang membahas tentang ekonomi dan kebudayaan antar negara di Asia dan Afrika, Tugu Mesin TIK yang dibuat untuk mengenang kepemilikan pertama mesin TIK dengan model 73. R 4728 buatan Inggris, Penjara Banceuy dimana Presiden Pertama Republik Indonesia Ir.

Soekarno pernah ditahan selama 8 bulan lamanya oleh Belanda, Bank Indonesia yang menjadi sentral keuangan di Indonesia sejak 1 Juli 1953 dan masih banyak daerah bersejarah lainnya yang patut untuk dijaga dan dikenang.
Demikianlah penjelasan singkat tentang Ibu kota Provinsi Jawa Barat yaitu Kota Bandung yang penuh dengan eksotisme dan beragam julukan atau sebutan yang ada. Sekian dan terima kasih banyak.