10 Mar 2019 16.33.53 - Aditya Y Pradhana

Beragam Sebutan dan Keindahan Kota Bogor Provinsi Jawa Barat

Beragam Sebutan dan Keindahan Kota Bogor Provinsi Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat memiliki segudang keindahan yang akan membuat Anda kagum akan provinsi tersebut. Salah satu kota di Provinsi satu ini yaitu Kota Bogor terkenal dengan berbagai macam sebutan atau julukan yang dapat membuat orang yang mendengarnya penasaran akan kebenarannya. Kota Bogor merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa ini, Indonesia yang tepatnya berlokasi di 59 Km sebelah selatan Jakarta.
Kota Bogor juga telah lama dikenal sebagai pusat pendidikan dan penelitian pertanian nasional. Tanggal 3 Juni ditetapkan sebagai hari jadi dari Kota Bogor. Berikut adalah pembahasan singkat tentang sebutan atau julukan dari Kota Bogor Provinsi Jawa Barat.

Kota Hujan dan Kota Petir

Ketika mendengar Kota Bogor, mayoritas orang akan langsung menyebut sebagai kota hujan. Benar adanya apabila Kota Bogor memiliki intensitas hujan yang sangat tinggi dibanding dengan kota-kota di provinsi lainnya. Oleh karenanya sebutan kota hujan yang diberikan kepada Kota Bogor menjadi lebih banyak diketahui oleh kebanyakan orang. Udara di kota hujan ini relatif sejuk dengan ketinggian rata-rata 190 sampai 330 m dari permukaan laut yang mungkin menjadi alasan kesejukan dari kota hujan ini.

Selain sebutan sebagai kota hujan, Kota Bogor Jawa Barat juga memiliki sebutan yang tidak kalah indah yaitu kota petir. Pada tahun 2009, Guidness World Book memberikan penghargaan kepada Kota Bogor sebagai kota petir karena dalam sehari bisa terdengar kurang lebih 322 petir yang normalnya hanya 80 kali dalam sehari.

Kota Buitenzorg

Selain sebutan sebagai kota hujan dan petir, daerah Bogor juga memiliki sebutan yang melekat sejak zaman kolonial Belanda. Pada zaman kolonial Belanda, Kota Bogor mendapat sebuan sebagai Kota Buitenzorg. Buitenzorg sendiri diambil dari salah satu nama dari spesies palem yang memiliki arti "tanpa kecemasan" atau bisa diartikan juga sebagai "aman serta tenteram".

Saat itu Van Imhoff yang menjabat sebagai gubernur pada tahun 1746 menggabungkan sembilan distrik yang ada kedalam satu pemerintahan baru yang dikenal sebagai Regentschap Kampung Baru Buitenzorg. Seiring berkembangnya zaman, Buitenzorg banyak dipakai masyarakat untuk merujuk pada wilayah seperti puncak, Ciliwung, Telaga warna, Muara Cihideung, hingga puncak Gunung Salak dan juga puncak Gunung Gede.

Kebun Raya Bogor Sebagai Icon Wisatanya

Tujuan wisata di Kota Bogor Provinsi Jawa Barat yang menarik dan terkenal adalah Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Bogor memiliki luas mencapai 80 hektare dan memiliki kurang lebih 15000 jenis pohon serta tumbuhan. Kebun Raya Bogor merupakan sebuah kebun yang menjadi tempat penelitian tumbuhan terbesar.

Selain menjadi tempat penelitian, Kebun Raya Bogor juga menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi, tidak salah apabila Kebun Raya Bogor menjadi salah satu icon wisata Kota Bogor Jawa Barat.

Kuliner Khas Kota Bogor

Ketika sedang berlibur ke Kota Bogor tidak lengkap rasanya apabila tidak mencoba memakan makanan khas Kota hujan ini. Terdapat berbagai macam kuliner khas Kota Bogor seperti Soto Bogor, Asinan Bogor, Roti Unyil, Laksa Bogor, Doclang, Cungkring dan makanan-makanan melegenda lainnya. Bagi Anda para pecinta kuliner, maka berkunjunglah ke Kota Bogor ini dan buktikan kebenaran serta kelezatan dari kuliner yang menjadi makanan khas Kota Bogor.

Demikianlah penjelasan dan penjabaran singkat tentang keindahan serta julukan dari Kota Bogor Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak.