24 Apr 2019 15.25.51 - el

Tips Tetap sehat dan Segar Saat Beraktivitas Sepanjang Hari di Bulan Puasa

Tips Tetap sehat dan Segar Saat Beraktivitas Sepanjang Hari di Bulan Puasa

(Foto doc. nuruljadid.net)

Tinggal beberapa minggu lagi umat muslim akan menyabut datangnya bulan suci Ramadhan, dimana umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh, tidak makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Selama bulan suci Ramadhan semua kebiasaan yang dilakukan akan berubah, mulai dari pola tidur, pola makan, dan kebiasaan lainnya.

Ibadah puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, jika kita menjalankannya dengan benar, namun pada saat menjalankan ibadah puasa biasanya justru membuat produktivitas kerja atau aktifitas menjadi menurun dikarenakan lemas, lesu, mengantuk dan sebagainya, kondisi seperti ini timbul karena perilaku yang tidak sehat serta tanpa sadar dijadikan kebiasaan selama berpuasa, seperti jam tidur yang kurang atau berlebihan, berbuka puasa secara berlebihan, kurangnya mengkonsumi buah – buahan dan sayuran, juga asupan air putih yang tidak cukup. Untuk menghindari perilaku kurang sehat tersebut kita harus mengatur pola tidur, makan dan minum.

Berikut ini beberapa tips tetap sehat dan segar sepanjang hari selama bulan Ramadhan :

  1. Atur jadwal tidur dengan teratur dan cukup

Pada umumnya pada orang dewasa durasi jam tidur ideal adalah 7 – 9 jam, jika biasanya tidur diatas jam 11 malam, maka disaat bulan suci Ramadhan diusahakan tidur 1 – 2 jam lebih cepat, karena saat bulan suci Ramadhan kita akan bangun lebih awal untuk sahur, jadi paling tidak kita harus tidur 6 – 8 jam perhari.

  1. Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih untuk menjaga asupan cairan, minum air putih dengan pola 242 saat bulan puasa, yaitu minum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam dan 2 gelas air putih saat sahur. Pola tersebut dapat menjaga asupan cairan selama berpuasa.

  1. Tetap berolahraga

Tetap berolahraga saat melaksanakan ibadah puasa justru dapat membantu menjaga stamina karena sirkulasi oksigen di tubuh tetap lancar, tubuh menjadi sehat dan segar, tidak perlu olahraga yang berat cukup dengan berjalan kaki di sore atau malam hari.

  1. Jaga asupan makanan saat berbuka dan sahur

Jaga asupan makanan dengan mengonsumsi makanan bergizi saat berbuka dan sahur, perbanyak makanan berserat dan makanan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Bagi penderita sakit lambung sebaiknya hindari makanan yang dapat menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung seperti mie, daging berlemak, ketan, ikan dan daging yang diawetkan, minuman yang mengandung soda, makanan yang mengandung cuka, cabai serta asam.

  1. Banyak makan buah dan sayur

Buah dapat menjadi sumber paling sehat yang membantu meningkatkan kadar glukosa, memberikan nutrisi pada kulit dan buah yang mengandung banyak air juga dapat memberikan cairan lebih yang dibutuhkan tubuh. Sedangkan sayuran segar bisa membuat pencernaan tetap sehat selama puasa. Mengkonsumsi banyak buah dan sayur saat berpuasa dapat menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dan segar.

  1. Minum Vitamin

Minumlah suplemen vitamin jika merasa asupan buah dan sayur belum cukup. Pilih vitamin sesuai dosis yang dianjurkan dokter.

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, jadi jangan sia – siakan setiap detiknya dengan diam saja dan bermalas – malasan. Beraktivitas juga bisa membantu kita mengalihkan perhatian dari penantian berbuka. Tetap sehat dan segar saat beraktivitas sepanjang hari di bulan puasa. Yuk memulai kebiasaan baik untuk menyambut bulan suci Ramadhan.