18 Apr 2019 11.35.41 - saifuddin

Tips memilih semangka yang matang dan manis

semangka

tanimuda.com

Musim panas sudah tiba, sudah waktunya buah-buah yang segar dan manis panen dan siap dijual. Meski begitu tapi ada saja beberapa buah yang belum layak panen tetapi dipaksa panen karena kebutuhan untuk berjualaan. Jangan biarkan penantian memakan buah yang manis anda sampai gagal akibat salah memilih buah yang belum matang, Kali ini kami akan membagikan tips memilih semangka yang manis dan matang. Dilansir dari NDTV bagaimana cara memilih buah semangka yang baik sebagai berikut :

ciri semangka

1. Cek 'perut'semangka
Buah semangka memiliki bagian bawah yang menghadap tanah ketika tumbuh. Saat corak pada bagian ini berwarna kekuningan atau kuning kecoklatan berarti semangka tersebut sudah matang. Jika berwarna hijau atau putih, menunjukkan bahwa semangka belum matang.

2. Bobot semangka
Angkatlah semangka yang akan Anda pilih dan cek bobot semangkat tersebut. Jika terasa cenderung ringan dan tidak padat maka semangka masih mentah. Semangka yang sudah matang akan memiliki kandungan air yang banyak dan tentunya lebih berat. Sehingga jika memiliki pilihan semangka dengan ukuran setara, pilihlah yang lebih berat.

3. Suara dalam semangka
Ketuk perlahan semangka dengan tangan dan dengarkan suara yang timbul. Apabila suara cenderung nyaring, itu menandakan bahwa semangka sudah siap dikonsumsi. Suara yang sangat bulat menandakan semangka sudah terlalu matang dan kurang segar.

4. Pilih semangka yang bulat / oval
Kerapihan bentuk semangka umumnya menandakan usia yang ideal untuk dikonsumsi. Pilih semangka yang bentuk bulatnya simetris.

5. Tidak ada bintik gelap
Jika terdapat bercak gelap atau goresan pada semangka, tekanlah bagian tersebut. Tekstur yang keras pada bagian tersebut menandakan semangka belum matang.

buah semangka

watonsinau.work

6. Warna gelap
Jangan terkecoh dengan warna hijau cerah dan mengilat pada kulit semangka. Sebaliknya, semangka yang matang memiliki warna yang hijau gelap dan cenderung kusam dibandingkan yang belum matang.

7. Kenali aromanya
Ambilah semangka yang akan Anda pilih dan cium aromanya. Semangka yang matang akan beraroma manis dan mirip dengan melon. Jika belum mengeluarkan aroma, artinya semangka belum matang. Namun jika aroma manis yang muncul sangat kuat, kemungkinan semangka sudah terlalu matang dan tidak segar. Metode ini memang tidak begitu mudah untuk dikuasai, karenanya jika Anda ragu cobalah cara lain untuk mengetahui kematangannya.

8. Tekan kulit semangka
Kulit semangka memang cenderung keras, namun cobalah menekannya dengan lebih kuat. Jika lebih lembut dibandingkan semangka yang lain, pilihlah semangka tersebut.