11 Sep 2019 17.47.32 - Iwan

Rengginang, Jajanan Khas Cirebon yang Mendunia

Rengginang

Tidak hanya menyajikan tempat-tempat wisata yang indah, Cirebon juga memiliki banyak tempat wisata kuliner terutama bagi kamu yang ingin membawa pulang makanan atau buah tangan untuk keluarga dan teman. Ada banyak sekali pilihan oleh-oleh  yang bisa kamu bawa pulang setelah liburan di Cirebon.

Salah satu yang paling banyak diburu adalah rengginang. Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu digoreng panas dalam minyak goreng dalam jumlah yang banyak.

Rengginang dibuat dari beras ketan pilihan, lalu dijemur dan dikeringkan untuk kemudian digoreng dan dijadikan rengginang.

Cemilan yang merakyat ini ternyata sudah dikenal oleh warga dunia loh. Tak tanggung-tangung produsen rengginang asal Desa Mulya Sari Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, H. Muhari sudah mengekspor rengginang hingga ke Timur Tengah, Korea, Thailand, bahkan hingga ke Benua Eropa yakni Belanda.

Dalam sehari, dirinya bisa memproduksi rengginang hingga 3 kwintal. Per bungkus ia jual dengan harga Rp 7.500, tapi, untuk harga pasar luar negeri harganya bisa mencapai Rp 40.000. Dari 1 kwintal, dirinya bisa meraup keuntungan hingga Rp 3.000.000.

Bahan yang dibutuh untuk pembuatan rengginang yakni, beras ketan, bawang putih dan campuran bahan makanan lain sesuai rasa yang diinginkan. Rengginang hasil produksinya terkenal sangat gurih dan enak. Hal itulah yang membuat rengginang buatan Muhari sangat terkenal hingga mancanegara.*