2 Agu 2019 19.31.59 - Iwan

Refreshing ke Kebun Teh Cipasung

Kebun Teh Majalengka 2Berbicara mengenai kebun teh, pikiran kita tentu saja tertuju pada kawasan Puncak Bogor atau Ciwidey Bandung. Namun jangan salah, bagi kamu yang tinggal di Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan), kamu bisa menjumpai perkebunan teh di Kabupaten Majalengka atau lebih tepatnya di Kecamatan Cipasung Desa Lemahsugih. Suasananya, tak jauh berbeda dengan Puncak Bogor atau Ciwidey Bandung.

Dengan luas sekitar 59 hektare, Kebun Teh Cipasung ini cocok dijadikan tempat refreshing atau melepas penat setelah rutinitas sehari-hari. Disini kamu akan disuguhkan dengan indahnya pemandangan dan sejuknya udara perbukitan yang begitu menyegarkan.

Di sini, kamu bisa berjalan-jalan di sela-sela tanaman teh untuk menikmati suasana atau mencari spot bagus untuk berfoto selfie. Bila sedang beruntung, kita juga akan dapat melihat pemandangan para pekerja yang sedang memetik teh. Cocok bagi destinasi liburan kamu dan keluarga.

Obyek wisata ini dikelola oleh sebuah koperasi bernama Koperasi Buana Mukti.  Selain kebun teh, di sini juga didirikan pabrik pengolahan untuk mengolah teh yang telah dipetik.

Kebun-Teh-Majalengka-1

Pada hari libur biasanya pengunjung yang datang cukup banyak sekitar 50-100 orang per harinya.  Mereka banyak berasal dari kota-kota di sekitar Majalengka seperti Ciamis, Tasikmalaya, Cirebon dan Kuningan. Saat ini tiket masuknya sebesar Rp10 ribu per orang ditambah Rp5 ribu untuk parkir motor.

Pihak pengelola menyediakan fasilitas umum, seperti area outbond, area parkir, mushola, toilet, dan penginapan. Jika kamu tidak ingin repot atau lupa menyiapkan bekal, kamu tidak perlu khawatir karena kamu akan menjumpai warung-warung yang menjual aneka makanan dan minuman ringan.

Ada dua rute untuk menuju lokasi.  Pertama rute Desa Lemahputih–Borogojol–Cipasung. Kedua jalur Bantarujeg–Cigaleuh–Kalapa Dua–Bangbayang–Cipasung.

Bila kamu dari Tasikmalaya, destinasi ini berjarak 48 Km atau dapat ditempuh sekitar 1,5 jam. Dari Obyek Wisata Pasir Kirisik lurus ke arah Majalengka, lalu belok kiri setelah tugu selamat datang.

Kebun-Teh-Majalengka-3

Bila dari Bandung, kamu bisa berbelok di Simpang Pamoyanan. Dari sana kebun teh bisa dicapai dalam waktu 45 menit atau berjarak sekitar 18 Km. Sementara rute dari Cirebon ke Kebun Teh Cipasung dapat kamu lihat melalui tautan ini.

Memang jalur menuju ke sana cukup membingungkan bagi orang baru.  Namun jangan khawatir karena banyak papan petunjuk kok. Kamu juga bisa bertanya pada penduduk lokal.  Bila kamu masih bingung, pakai saja panduan google maps.

Belum tersedia angkutan umum ke sana.  Jadi apabila mau ke sana, kamu harus menggunakan kendaraan pribadi.  Oh iya, karena jalannya masih jelek, akan lebih enak apabila kamu menggunakan kendaraan roda dua.*