22 Mar 2019 14.24.10 - Aditya Y Pradhana

Alasan Mengapa Jawa Barat Menjadi Tempat yang Unik untuk Dikunjungi

Alasan Mengapa Jawa Barat Menjadi Tempat yang Unik untuk Dikunjungi

Jawa Barat adalah suatu provinsi yang unik, terdiri dari 18 kabupaten dan 9 kota dengan Kota Bandung yang menjadi Ibukota provinsinya. Provinsi yang terletak di bagian barat Pulau Jawa dan wilayah yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa di utara, Jawa Tengah di bagian timur, Samudera Hindia di selatan serta Banten dan DKI Jakarta pada bagian barat ini memiliki hal-hal menarik yang patut untuk dikunjungi.

Apa sajakah hal menarik dari Provinsi Jawa Barat yang dapat dijadikan alasan sebagai tempat yang patut untuk dikunjungi? Berikut adalah beberapa daftar keunikannya.

Angklung yang Terdaftar Sebagai Warisan Budaya Dunia

Hal unik dan membanggakan dari Provinsi Jawa Barat yang pertama adalah terdaftarnya salah satu alat musik yang menjadi Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia oleh UNESCO pada November 2010. Angklung adalah alat musik yang terbuat dari bambu yang dimainkan dengan cara mengoyangkannya. Suara-suara yang diciptakan dari bambu tersebut dapat menjadi melodi-melodi indah ketika di dengarkan. Keistimewaan alat musik Angklung ini telah mengantarkan nama Jawa Barat menjadi lebih terkenal di kancah Internasional.

Bahasa serta Suku Budaya yang Menarik

Selain keunikan pada alat musiknya, Jawa Barat juga memiliki tiga ragam suku asli beserta bahasa yang cukup menarik yaitu Sunda, Melayu-Betawi dan Cirebon. Walau telah dikeluarkannya Peraturan Daerah (PerDa) Jawa Barat No. 5 tahun 2003 tentang Perlindungan Budaya dan Bahasa yang menegakui adanya tiga bahasa alsi, tetapi mayoritas orang Jawa Barat menggunakan bahasa sunda sebagai bahasa daerah. Keunikan lainnya terdapat pada rumah tradisional Provinsi Jawa Barat yakni Rmah Kasepuhan.

Provinsi dengan Jumlah Penduduk Terbanyak

Beberapa ulasan membuktikan bahwa Provinsi Jawa Barat adalah provinsi dengan jumlah penduduk paling banyak. Seperti penjelasan singkat diatas yang menerangkan bahwasanya Jawa Barat memiliki 18 kabupaten dan 9 kota dengan total penduduk yang tersensus pada tahun 2017 berkisar 43.053.732 jiwa.

Hal ini bisa menjadi bukti bahwa Provinsi Jawa Barat memiliki jumlah penduduk terbanyak dibandingkan dengan 34 provinsi lain di Indonesia. Sebagai kota dengan jumlah penduduk terbanyak, Jawa Barat merupakan provinsi yang cukup sejuk karena dikelilingi oleh pegunungan yang menambah daftar keunikan provinsi ini.

Tempat Wisata yang Fantastik dan Menarik

Hal menarik selanjutnya dari Provinsi Jawa Barat adalah berbagai macam destinasi sebagai media wisata yang mengagumkan dan amat disayangkan untuk dilewatkan. Jawa Barat memiliki hampir seluruh atraksi alam yang fantastik dan keren. Bagi Anda Instagramebel berkunjung ke salah satu kota atau kabupaten di Jawa Barat tidak akan mengecewakan.

Contoh destinasi wisata yang menakjubkan dari Jawa Barat ada Cukang Taneuh atau Green Canyon Indonesia, Kawah Putih Ciwidey, Air Terjun Cikaso dan masih banyak lagi destinasi wisata di Jawa Barat yang menarik dan wajib untuk dikunjungi.

Lezatnya Makanan Khas Jawa Barat

Ketika mengunjungi Jawa Barat jangan pula melewatkan makanan yang lezat khas Provinsi Jawa Barat. Karena dalam berlibur, makanan menjadi sesuatu yang amat penting apalagi bagi Anda para penikmat kuliner daerah. Jawa Barat juga mempunya makanan khas seperti cireng Bandung, Sega Jamblang khas Cirebon, Empal Gentong, Peuyeum, Asinan Bogor, Tahu Gejrot dan masih banyak lagi makanan khas Jawa Barat yang dapat membuat perut keroncongan ketika melihatnya.

Demikianlah ulasan tentang Provinsi Jawa Barat yang menarik dan sangat disayangkan apabila tidak dijadikan daftar untuk destinasi liburan Anda. Sekian dan terima kasih.