1 Agu 2019 15.01.00 - Iwan

Liburan Bareng Keluarga ke Taman Cimanuk Indramayu

Taman Cimanuk 2

Jika kamu bingung memilih tempat wisata untuk berlibur bersama keluarga, maka cobalah berkunjung ke Obyek Wisata Taman Cimanuk di Desa Penganjang, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu.  Di sini, kamu akan disuguhkan berbagai pemandangan indah yang dijamin membuat suasana hati menjadi riang.

Taman ini pas untuk melepas penat bersama teman, anak dan keluarga karena dibangun tepat di pinggiran Bantaran Sungai Cimanuk yang melintas dan bermuara di Kota Indramayu.

Lokasi taman ini berada di Jalan Veteran atau tepat di belakang Masjid Agung Indramayu atau di bawah jembatan utama dekat Pendopo Indramayu.

Taman Cimanuk ini juga merupakan sungai bersejarah bagi masyarakat Indramayu karena pernah menjadi bandar atau pelabuhan besar dan ternama di Pulau Jawa. Salah satu peninggalan bersejarahnya adalah ditemukannya tiang bendera yang kini diabadikan di dalam area Taman Cimanuk .

Selain menambah kecantikan kota, dengan adanya taman ini juga memberikan ruang terbuka hijau yang memang baik untuk digalakkan di tengah isu pemanasan global.

Tak hanya itu, taman ini juga dilengkapi dengan sampan yang terbuat dari bambu yang disandarkan di tengah-tengah sungai. Sayangnya, sampan ini hanya berupa hiasan tidak bisa digunakan oleh pengunjung untuk mengitar Sungai Cimanuk tersebut.

Taman Cimanuk ini lokasinya berada di samping bawah jembatan bersejarah yang dikenal dengan nama Kreteg Gantung atau Kreteg Sorog atau Jembatan Cimanuk. Jembatan ini sekarang sudah dilengkapi dengan lampu warna-warni yang menarik sehingga sangat indah dipandang mata terutama pada malam hari.

Menariknya, di sepanjang taman ini sering diadakan acara pameran seni, budaya dan sejarah seperti pameran foto sejarah Indramayu, pameran lukisan karya pelukis lokal, seni wayang dan masih banyak lagi pameran-pameran dan atraksi lainnya. Acara ini tentu menarik minat warga dan pengunjung dari luar daerah untuk berkunjung ke Taman Cimanuk.

Di Taman Cimanuk Indramayu terdapat beberapa permainan anak seperti jungkat jungkit, dan ayunan untuk sarana bermain anak-anak. Hal ini tentu akan membuat anak-anak merasa senang berkunjung ke Taman Cimanuk ini.

Dan kamu pun tidak harus repot-repot membawa bekal dari rumah ketika mau berkunjung ke Taman Cimanuk , karena di sini telah tersedia jajanan-jajanan khas Indramayu hingga makanan-makanan cemilan lainnya di Pusat Kuliner Cimanuk.

Tidak jauh dari Pusat Kuliner Cimanuk, sekarang ada rumah seni dan budaya yang digunakan untuk para pengrajin batik khas Indramayu yakni Batik Paoman untuk melakukan aktivitasnya yakni membatik.

Di tempat ini kamu bisa belajar membatik bersama pengrajin batik secara langsung. Tepat di seberang Pusat Kuliner Cimanuk, terdapat bangunan yang kini diberi nama Galeri Empat Belas. Galeri ini dulunya adalah tempat penggilingan padi pada zaman Hindia Belanda. Di tempat ini sering digunakan para seniman dari Indramayu untuk memamerkan karya lukisnya.

Di seberang Pusat Kuliner Cimanuk terdapat juga kafe unik yang bernama Kedai Galeri yang menyimpan benda-benda bersejarah dan purbakala. Beberapa benda sudah berumur ratusan tahun seperti alat untuk membajak sawah, lumpang yang digunakan ada pada zaman dulu. Selain itu terdapat beberapa foto-foto bersejarah tentang keberadaan Indramayu tempo dulu.

Taman Cimanuk sisi sebelah kiri ini banyak sitanami pohon dan rerumputan hijau, disediakan pula tempat duduk yang berkapasitas untuk 2-3 orang atau tempat duduk yang bisa diduduki banyak orang. Untuk menjaga kebersihan disini juga banyak disediakan tempat sampah, baik yang diperuntkkan untuk sampah organic maupun sampah non organic. Taman ini dibangun bukan hanya di satu sisi bantara kali, namun di kedua sisi bantaran Kali Cimanuk dibangun taman yang serupa, hal ini semakin mempercantik wajah Bantaran Kali Cimanuk.*