12 Agu 2019 19.28.06 - Iwan

Ki Ageng Rotan, Kursi Terbesar di Dunia

kursi

Kabupaten Cirebon boleh berbangga hati karena memiliki kursi rotan terbesar di Indonesia bahkan dunia. Kursi yang diberi nama Ki Ageng Rotan atau Kursi Raja Rotan itu kini ditempatkan di Taman Weru, Jalan Raya Pantura, Kabupaten Cirebon.

Kursi tersebut dibuat oleh 50 pengrajin  di Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon dengan menghabiskan bahan baku rotan seberat 1.605 kg. 

Melalui kursi setinggi 12 meter itu, diharapkan industri rotan di Tanah Wali bisa kembali ke masa kejayaannya seperti tahun 2000an lalu.

Diletakkan di Taman Weru karena tempatnya strategis yakni berada di Jalur Pantura yang dilalui oleh semua kendaraan baik dari arah barat dan timur.

Terlebih, beberapa waktu ke depan jalur tersebut akan menjadi jalur utama para pemudik. Sehingga kursi raksasa tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang melintas.

Selain sebagai ajang promosi daerah, kursi terebut juga akan menjadi ikon kebangkitan pengusaha rotan yang sempat pasang surut karena serbuan produk-produk dari luar negeri.*