10 Mar 2019 17.29.01 - Aditya Y Pradhana

Wisata Populer di Jawa Barat

Wisata Populer di Jawa Barat

Jawa Barat banyak sekali menyimpan sejarah serta tempat wisata alam yang sangat beragam dan indah. Disini, Anda tidak akan kehabisan tempat untuk berlibur. Selain pernah menjadi saksi terselenggaranya Konfrensi Asia Afrika, ternyata juga memiliki banyak peninggalan sejarah yang sangat beraga. Untuk itu, sesekali Anda perlu berkunjung ke kesini untuk menikmati keindahan alamnya.

Wisata Alam Hits di Pangendaran, Jawa Barat

Sesekali seseorang butuh berlibur untuk menghilangkan penat dari segudang pekerjaan yang menumpuk, refreshing, hingga melakukan kegiatan study tour. Di daerah Pangendaran ternyata banyak sekali menyimpan objek wisata yang menarik, diantaranya:

Pantai Pangendaran

Pantai Pangendaran merupakan tempat liburan yang paling hits dan legendaris. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang halus dan air laut yang bersih. Pantai Pangendaran ini juga merupakan Cagar Alam Pananjung yang memiliki kekayaan flora dan fauna. Di pantai ini, pengunjung dapat menyaksikan terbit dan terbenamnya matahari dari satu tempat yang sama.

Gunung Tangkupan Perahu

Gunung Tangkupan Perahu juga tidak kalah hits. Disini pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan sepuluh kawah yang letaknya berdekatan satu sama lain. Kawah yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan antara lain Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas. Untuk menuju kekawah ini pengunjung bisa berjalan kaki atau menyewa kuda.

Kawah Putih

Kawah Putih yang indah nan unik ini terletak di ketinggian Gunung Patuha. Wisata hits ini memiliki ciri khas bau belerang yang dominan. Hal ini menjadi sajian yang tidak terpisahkan ketika menikmati keindahan kawah berwarna hijau muda yang dikelilingi pasir putih serta riak air yang terdapat didalam kawah yang bertabur asap tipis. Sesekali juga kawah putih ini mengeluarkan letupan lumpur hidup yang menjadi atraksi alam yang sangat indah. Fakta unik dari Kaawah Putih ini yaitu airnya yang selalu berubah-ubah apabila terkena sinar matahari.

Wisata Religi Jawa Barat

Akulturasi kebudayaan yang ada di Jawa Barat menjadikan Cirebon sebagai salah satu tujuan berwisata religi, yaitu di makam Sunan Gunung Jati. Ia merupakan ulama yang cukup masyhur pada zaman kerajaan. Sunan Gunung Jati juga merupakan cucu dari Prabu Siliwangi yang terkenal dengan kekuatan magisnya dan sangat di hormati di tanah Pasundan.

Makam Sunan Gunung Jati memiliki bangunan yang berciri khas arsitektur Jawa, Cina dan Arab. Hal inilah yang membuat makam ini menjadi salah satu tempat berwisata yang tidak kalah popular. Desain dinding pada makam Sunan Gunung Jati ini bergaya arsitektur Cina. Sebab, pada dinding makam memiliki hiasan porselen dan keramik. Keramik ini rata-rata berusia ratusan tahun. Keramik-keramik ini dipajang di sepanjang jalan menuju makam.

Pada dinding bangunan makam memiliki ciri khas arsitektur Arab, yakni berupa ukiran kaligrafi. Selain itu, pada atap bangunannya berbentuk limas yang merupakan ciri dari Jawa. Keunikan lain dari tempat ini yakni memiliki Sembilan pintu yang tersusun secara bertingkat dan mempunyai nama yang berbeda disetiap pintunya antara lain: Pintu Gapura, Krapyak, Pasujudan, Ratnakomala, Jinem, Rararoga, Kaca, Bacem, dan Kesembilan.

Wisata Edukasi Jawa Barat

Alam Wisata Cimahi (AWC) merupakan salah satu destinasi berwisata di Jawa Barat. AWC ini mengusung konsep all in one. Disini pengunjung dapat melakukan beberapa kegiatan outbound sekaligus menikmati keindahan panorama pemandangan yang dapat memanjakan mata.

Di sini pengunjung juga dapat menguji adrenalin dengan menaiki ATV 4x4. Track yang disediakanpun sangat menantang dan memiliki panjang dengan luas 3,5 hektar. Selain ATV rider, pengunujung juga bisa mencoba wahana Jembatan Gantung.

Disini juga disediakan taman bermain anak, Flying Fox Garuda, Berkuda dan Delman, serta menangkap ikan di Kolam Lumpur. Tentu saja wisata edukasi yang terletak di Cimahi ini akan sangat menyenangkan untuk dikunjungi.

Demikianlah wisata Jawa Barat yang wajib Anda kunjungi. Semoga bermanfaat.