4,195
Wednesday, 28 August 2019 17:35 (4 tahun yang lalu)    Tulis Komentar

Wisata Budaya Ciung Wanara

Wisata Budaya Ciung Wanara

Sudah banyak orang yang tahu legenda “Ciung Wanara”, cerita yang merakyat di kalangan masyarakat Indonesia, sebuah legenda dari tanah Sunda yang sudah beberapa kali di angkat ke layar kaca. Namun tak banyak orang yang tahu dimana legenda itu terjadi, bahkan beberapa beranggapan itu hanya mitos tanpa bukti.

Ternyata sebuah destinasi pariwisata di Kabupaten Ciamis, bernama “Situs Karangkamulyan” diyakini masyarakat sunda sebagai bukti bahwa legenda “Ciung Wanara” benar-benar telah terjadi di masa lalu.

Hal tersebut dikuatkan dengan sebuah penelitian yang dilakukan Tim dari Balai Arkeologi (Balar) Bandung yang dipimpin Dr. Tony Jubiantoro pada tahun 1997. Menurut Tim Balar tersebut, “Karangkamulyan” adalah pusat suci suatu kerajaan pada abad IX.

Di sana terdapat banyak benda purbakala yang bisa dinikmati para pengunjung, termasuk tempat-tempat yang diyakini sebagai tempat berlangsungnya legenda “Ciung Wanara”. Salah satunya adalah penyabungan ayam. Masyarakat sekitar situs menganggap tempat ini merupakan tempat sabung ayam Ciung Wanara dan ayam raja.

Ciung-Wanara-3

Selain itu, kamu juga akan disuguhi dengan suasana alam yang segar, karena areal seluas 25 hektare tersebut ditumbuhi pepohonan aneka jenis, baik yang berukuran kecil maupun besar. Suasana mistis juga kental di sana karena matahari tidak terlihat meskipun siang (redup), tertutup lebatnya pepohonan.

Tak hanya tumbuh-tumbuhan, kamu juga bisa memuaskan diri bermain dengan monyet-monyet yang menghuni kawasan situs. Monyet-monyet tersebut seringkali ramai mendekati pengunjung yang datang, berharap bisa mendapat makanan dari mereka yang sudah menyiapkan kacang-kacangan.

Meskipun monyet-monyet di sini tidak membahayakan, dan sudah terbiasa dengan kehadiran manusia, kamu tetap perlu berhati-hati, terutama terhadap barang bawaan, karena mereka seringkali jahil dan langsung main ambil.

Kawasan situs cagar budaya “Karang Kamulyan” di Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis juga memiliki sebuah koleksi penting berskala internasional. Koleksi tersebut berupa gong perdamaian dunia (World Peace Gong) dengan diameter 333 cm, yang diberi gambar bendera dari 218 negara di dunia, serta sepuluh agama yang ada di dunia.

Ciung-Wanara-2

Situs “Karang Kamulyan” boleh dikata mudah dijangkau, bertempat sekitar 17 km ke arah timur dari Ibukota Kabupaten Ciamis atau sekitar 7 km ke arah selatan dari Kota Banjar. Untuk sampai ke situs ini cukup mudah, karena berada di jalan nasional Ciamis-Banjar-Pangandaran.

Untuk menuju lokasi ini, jika kamu dari arah Bandung, kamu dapat mengambil jalur ke Tasikmalaya lalu ke Manonjaya. Karena dari Manonjaya, kamu dapat menghemat waktu perjalanan karena kamu akan menyebrang ke Ciamis melalui Jembatan Cirahong, jembatan peninggalan Belanda yang masih berfungsi sampai sekarang.

Dari Jembatan Cirahong, kamu ambil rute lurus hingga ke perempatan dengan pom bensin di sebelah kanan, belok ke kanan. Selanjutnya kamu tinggal lurus, melewati Alun-alun Kota Ciamis, terus lurus hingga sekitar 30 menit, di sebelah kanan jalan kamu akan melihat pintu masuk ke Taman Wisata Alam Ciung Wanara.*

wisata budaya ciung wanara ciamis jabar

Komentar

Komentar telah di non-aktifkan untuk postingan ini

Berita Terkait