30 Mar 2019 19.04.05 - Aditya Y Pradhana

Wilayah Jawa Barat dan Keunikannya

Wilayah Jawa Barat dan Keunikannya

Tanah Sunda merupakan salah satu wilayah di pulau Jawa, Indonesia yang cukup terkenal. Daerah yang termasuk dalam gugusan pulau di Jawa ini menyimpan fakta unik, kisah misteri, hingga ikon-ikon disetiap daerahnya. Daerah Jawa Barat sangat terkenal akan budaya, wisata hingga kulinernya.

Fakta Unik Wilayah Propinsi Jawa Barat

Beberapa fakta unik berikut akan membuat Anda semakin jatuh hati dengan propinsi Jawa Barat ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa propinsi di Indonesia yang satu ini banyak menyimpang fakta-fakta yang mencengangkan. Berikut ulasannya.

  1. Jawa Barat merupakan Propinsi dengan Jumlah Penduduk Paling Banyak di Indonesia. Dari sekian banyak propisi yang ada di Indonesia, Jawa Barat merupakan satu-satunya propinsi yang memiliki jumlah penduduk yang paling banyak.
  2. Propinsi ini memiliki sejarah yang unik. Tepat pada adab ke-5, daerah ini berada di bawah kekuasaan kerajaan Tarumanegara. Sehingga pada tahun 931 M, muncullah wilayah kerajaan Sunda. Kerajaan tersebut dipimpin oleh Prabu Siliwangi dengan pusat kerajaan di Pakuan daerah Pajajaran yang saat ini dikenal dengan kota Bogor.
  3. Selain itu propinsi ini juga Memiliki Keraton Kasepuhan. Keraton ini letaknya di wilayah Cirebon dimana keraton ini dibangun pada tahun 1529. Keraton kasepuhan merupakan bangunan yang dikelilingi oleh tembok bata berwarna merah serta megah.
  4. Jawa Barat merupakan salah satu tempat berlangsungnya Konferensi Asia Afrika. Bukti dari adanya kegiatan ini adalah dengan berdirinya Museum Konferensi Asia Afrika yang diresmikan pada tahun 1980 yang lokasinya diwilayah kota Bandung.
  5. Alat musik Jawa Barat masuk dalam warisan budaya dunia UNESCO. Alat musik tersebut adalah Angklung. Alat musik ini terbuat dari bambu. Cara memainkannya pun sangat mudah, yakni hanya digoyangkan.

Ikon Terkenal Propinsi Jawa Barat

Bandung merupakan salah satu ibu kota propinsi yang cukup maju dan terkenal. Bandung juga merupakan kota ketiga yang memiliki penduduk paling banyak. Selain itu, ikon terkenal dari daerah Jawa Barat terletak di daerah kota Bandung. Berikut ulasannya.

  1. Gedung Sate

    Gedung sate merupakan gedung perkantoran yang menjadi pusat pemerintahan propinsi. Gedung ini memiliki ornament yang sangat khas sekali yaitu tusuk sate yang terletak pada menara sentral. Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, gedung sate ini bernama Governements Bedrijveen (GB).

  2. Jembatan Pasupati

    Jembatan Pasupati merupakan sebuah jalan laying atau fly over yang menghubungkan bagian Utara dan Timur wilayah kota Bandung. Jembatan ini memiliki panjang yang mencapai 2,8 kilometer dengan lebar 30-60 meter di Jawa Barat.

  3. Gedung Merdeka

    Lokasi gedung Merdeka ini terletak di jalan Asia Afrika. Gedung Merdeka nan bersejarah ini pernah dijadikan tempat berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika pada tahun 1955. Saat ini, gedung Merdeka difungsikan sebagai museum yang menyimpan berbagai benda koleksi dan foto kegiatan Konferensi Asia Afrika.

Budaya Kesenian Yang Paling Populer di Wilayah Propinsi Jawa Barat

Selain terkenal dengan berbagai tempat wisata, tempat bersejarah dan kisah mistisnya, wilayah Jawa Barat ini memiliki budaya kesenian yang tidak kalah menarik. Berikut daftar kesenian di propinsi Jawa Barat.

  1. Jaipong

    Jaipong merupakan sebuah tarian yang mengkolaborasikan berbagai macam tarian. Misalnya gerakan tari ronggeng, tari ketuk tilu, dan juga beberapa gerakan pencak silat yang sangat unik dan diminati masyarakat setempat. Tarian ini tergolong dalam tari pergaulan.

  2. Sintren

    Sintren berasal dari kata Sinyo dan Trennen. Sinyo memiliki arti pemuda dan trennen artinya latihan. Jadi sintren artinya yakni pemuda-pemuda Indramayu yang berlatih kesenian. Cara bermain kesenian ini hampir mirip dengan pertunjukan sulap. Dimana seorang penari perempuan yang pada awalnya mengenakan pakaian sehari-hari yang kemudian dimasukkan dalam kurungan ayam serta dimasukkan busana. Setelah beberapa saat penari akan berubah dengan mengenakan pakaian tari khusus.

Demikianlah informasi mengenai propinsi Jawa Barat beserta keunikannya. Semoga bermanfaat.