22 Jul 2019 14.15.52 - el

Wajib Tahu! Manfaat Dari Buah Zuriat Untuk Kesehatan

Mungkin sebagian dari kita belum pernah mengetahui atau mengenal seperti apa buah Zuriat itu, baik rupa maupun manfaat dari buah tersebut, bahkan namanya pun terdengar asing, namun buah Zuriat ini adalah salah satu jenis buah yang cukup populer di kalangan jamaah Haji dan Umroh selain buah Kurma. Memiliki nama latin Hyphaene Thebaica, buah Zuriat atau doum palm ini berasal dari negara – negara Timur Tengah serta Afrika Utara dan Tengah.

Wajib Tahu! Manfaat Dari Buah Zuriat Untuk Kesehatan

dok. lintar.net

Buah yang memiliki rasa manis legit ini adalah sumber serat dan karbohidrat serta memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin B kompleks, potasium, sodium, kalsium, magnesium, dan fosfor, selain itu buah Zuriat ini juga memiliki kandungan senyawa fenol dan flavonoid tinggi, seperti senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri.

Di negara asalnya buah Zuriat biasanya dikonsumsi sebagai minuman tradisional yang dipercaya menjadi salah satu asupan antioksidan bagi tubuh. Buah Zuriat juga terkenal dengan nama buah Adam Hawa karena salah satu manfaatnya adalah membantu pasang suami istri yang tengah menjalani program kehamilan (promil), selain manfaat yang telah disebutkan, buah Zuriat pun memiliki banyak manfaat lainnya, yuk kita simak apa saja manfaat dari buah Zuriat.

  • Antioksidan

Seperti yang terlah disebutkan di atas bahwa buah Zuriat bermanfaat sebagai antioksidan. Antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

  • Program Hamil (Promil)

Untuk pasangan suami istri yang sedang promil buah Zuriat ini dipercaya mampu membantu meningkatkan kesuburan ovum dalam rahim dan meningkatkan kualitas sperma, selain itu buah Zuriat juga bermanfaat bagi ibu hamil sebagai penguat dinding rahim.

  • Memperlancar Haid

Buah Zuriat juga bermanfaat untuk wanita yang memiliki jadwal haid tidak teratur, mengonsumsi rebusan buah Zuriat secara teratur dapat membantu memperlancar saluran peradaran darah, sehingga dapat memperlancar haid.

  • Mengatasi Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi jika tidak segera diatasi dapat memicu stroke dan penyakit jantung, dengan mengonsumsi buah Zuriat dengan mengunyahnya ketika buah masih mentah dapat mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi

  • Mencegah Kanker

Buah Zuriat memiliki kandungan nitrogen reaktif dan antioksidan tinggi yang dengan sangat baik dapat menangkal efek dari radikal bebas, sehingga dapat mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh.

  • Memperlancar Sistem Pencernaan

Memiliki kandungan serat dan mineral dengan kadar yang tinggi, buah Zuriat dipercaya dapat memperlancar sistem pencernaan serta mengatasi sembelit.

  • Menurunkan Kolesterol

Buah Zuriat juga dipercaya dapat menurunkan Kolesterol, sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak buah Zuriat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, kadar lemak total dalam tubuh dan kadar trigliserida.

  • Mengatasi Diabetes

Penelitian yang sama menyebutkan bahwa mengonsumsi buah Zuriat dan dibarengi dengan membatasi konsumsi gula dapat membantu mengatasi diabetes, karena salah satu manfaat dari buat Zuriat adalah memiliki sifat antidiabtes yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

  • Meredakan Reaksi Alergi

Salah mengonsumsi makanan biasanya dapat menyebabkan alergi seperti tubuh menjadi gatal atau panas, buah Zuriat memiliki kandungan flavonoid dan hydroxycinnamates yang mampu meredakan reaksi alergi.

  • Mencegah dan Mengatasi Stres

Kandungan antioksidan phytochemical, hydroxycinnamates, kumarin dan flavonoid serta lignin yang dimiliki buah Zuriat dipercaya mampu mencegah dan mengatasi stres yang disebabkan pengaruh dari radikal bebas.

  • Mengatasi Peradangan dan Infeksi

Manfaat buat Zuriat lainnya adalah dapat mengatasi peradangan dan infeksi pada tubuh, karena buah Zuriat memiliki sifat anti inflamasi yang baik untuk mengatasi peradangan dan infeksi, bukan hanya luka namun buah Zuriat pun mampu mengobati jerawat.

  • Mencegah Osteoporosis

Dengan mengonsumsi buah Zuriat secara rutin dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Buah Zuriat memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang bisa memenuhi kebutuhan kalisum harian tubuh, sehingga dapat mencegah osteoporosis.

  • Mencegah Penuaan Dini

Buah Zuriat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, antioksidan di percaya dapat mencegah penuaan dini dan menjaga tubuh tetap sehat bugar. Jadi konsumsilah buah Zuriat secara rutin makan wajah akan terlihat awet muda.

Dan masih banyak lagi manfaat yang terdapat pada buah Zuriat yang baik untuk kesehatan tubuh. Adapun cara mengkonsumsi buah Zuriat tersebut dengan cara dimakan langsung, merebus daging buah lalu meminum air rebusan tersebut, dihaluskan seperti serbuk, atau merebus biji dan kulit sampai airnya berwarna seperti teh, sekarang pun sudah banyak yang menjual dalam bentuk sachet. Selamat mencoba dan merasakan manfaat dari buah Zuriat.