11 Jul 2019 15.20.28 - el

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ vital bagi tubuh yang terdiri dari kumpulan otot, bekerja tanpa henti, memompa darah kesuluruh tubuh untuk menunjang kelangsungan hidup. Ketika beristirahat, Jantung berdetak kurang lebih 72 kali per menit dan memompa darah sekitar 4 hingga 7 liter darah pada tiap menitnya. Penyakit Jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian, oleh karena itu kita wajib menerapkan gaya hidup sehat dan menjaga kesehatan Jantung, agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat merusak fungsi Jantung kita.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

dok. hellosehat.com

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk menjaga kesehatan Jantung kita:

  1. Menghentikan kebiasaan merokok

Disetiap bungkus rokok sudah tercantum peringatan bahaya merokok salah satunya adalah menyebabkan serangan Jantung. Pada rokok terkandung zat – zat kimia berbahaya yang tidak seharusnya di konsumsi sehari – hari. Sudah sangat terkenal bahwa rokok merupakan salah satu penyabab utama kematian, karena ada beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh ketika menghisap asap rokok, salah satunya adalah tekanan darah serta detak Jantung akan meningkat, namun aliran darah ke pembuluh darah kapiler berkurang. Tidak hanya perokok itu sendiri yang terkena resiko, tetapi orang – orang disekitar perokok yang menghirup asap rokok/ perokok pasif pun lebih beresiko terkena penyakit tersebut.

  1. Jauhi minuman beralkohol

Efek samping dari minuman beralkohol adalah dapat mempengaruhi elastisitas dinding arteri (kekakuan arteri) dan usia prematur arteri, sehingga mengganggu aliran darah dan berkontribusi besar pada terjadinya gagal Jantung. Bukanlah ide yang bagus mengonsumsi minuman beralkohol, tidak peduli berapa pun usia seseorang, alkohol dapat menimbulkan dampak yang serius pada kesehatan.

  1. Perbanyak minum air putih

Cobalah perbanyak minum air putih setiap hari, bukan hanya akan membantu tubuh agar tetap terhidrasi namun dapat juga membantu menjaga kesehatan Jantung. Konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar 8 gelas dengan ukuran 230 ml atau total 2 liter perhari pada orang dewasa. Jangan lupa juga memastikan air putih tersebut layak dikonsumsi dan memenuhi standar kesehatan.

  1. Melakukan olahraga secara rutin

Selain mengendalikan berat badan, olahraga juga dapat membantu mengurangi resiko penyakit Jantung. Semua orang tahu bahwa olahraga secara rutin sangat baik untuk kesehatan, namun banyak juga yang tidak mau melakukan karena alasan sibuk atau takut kelelahan, cukup olahraga yang ringan saja seperti berjalan kaki, jogging, naik sepeda, berenang dan yoga, sempatkan olahraga secara rutin setidaknya 30 - 60 menit sehari dalam 2 hingga 3 kali seminggu.

  1. Batasi asupan kolesterol

Terlalu banyak asupan kolesterol dapat menyebabkan penumpukan didinding pembuluh darah, sehingga aliran darah terganggu, penyempitan pembuluh darah arteri akan meningkatkan resiko penyakit Jantung. Batasi asupan kolesterol dan lemak jenuh dengan batas wajar, sebaiknya hati – hati jika kadar low-density lipoprotein atau LDL sudah lebih dari 200 mg/dL. Batasi makanan yang dapat memicu tingginya kolesterol seperti daging merah, kulit ayam, makanan olahan, makanan yang digoreng, mentega, serta produk susu yang kaya lemak.

  1. Konsumsi buah dan sayuran

Menghindari resiko penyakit Jantung dapat dimulai dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, salah satunya dengan rutin mengonsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, keduanya mengandung vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Badan Kesehatan Dunia atau WHO dan Kementrian Kesehatan RI menyarankan untuk mengonsumsi buah dan sayuran sebanyak minimal 5 porsi (1 porsi = 80 gram) atau total 400 gram per hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan menurunkan resiko penyakit serius, salah satu contohnya adalah penyakit Jantung.

  1. Lakukan pemeriksaan rutin tekanan darah

Tekanan darah sangat berpengaruh pada kesehatan seseorang, pemeriksaan rutin tekanan darah setiap hari merupakan salah satu cara mencegah penyakit Jantung. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa tekanan darah tinggi adalah penyebab kematian utama dari berbagai kasus penyakit jantung. Pada umumnya, tekanan darah bisa dibilang normal ketika menunjukkan angka di bawah 120/80 mmHg, memiliki tekanan darah yang normal menandakan bahwa Jantung mampu memberikan suplai darah ke semua organ tubuh dengan baik.

  1. Pertahankan berat badan ideal

Berat badan ideal merupakan impian semua orang, bukan hanya karena soal penampilan namun berpengaruh pada kesehatan. Memiliki berat badan berlebihan, lebih rentan terkena resiko penyakit Jantung. Untuk melihat apakah berat badan sudah ideal adalah dengan menghitung menggunakan kalkulator Body Mass Index atau BMI. Jika sudah menerapkan pola hidup sehat maka akan lebih mudah memiliki berat badan yang ideal.

  1. Istirahat yang cukup

Kurangnya istirahat juga merupakan salah satu penyebab resiko penyakit Jantung. Mengatur pola istirahat yang cukup dan berkualitas merupakan hal penting dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk melancarkan peredaran darah dan menjaga kesehatan Jantung. Menurut National Sleep Foundation dalam laporan utamanya di Sleep Health Journal usahakan untuk istirahat selama 7 – 8 jam per hari untuk manula (65 tahun ke atas), 7 – 9 jam per hari untuk dewasa (18 – 64 tahun), untuk remaja (14 – 17 tahun) 8 – 10 jam per hari, untuk usia sekolah (6 – 13 tahun) 9 – 11 jam per hari, untuk usia pra sekolah (3 – 5 tahun) 10 – 13 jam per hari, untuk balita (1 – 2 tahun) 11 – 14 jam per hari, 12 – 15 jam per hari untuk bayi (4 – 11 bulan), dan 14 – 17 jam per hari untuk bayi baru lahir (0 – 3 bulan).

  1. Belajar mengelola stress

Stress merupakan hal yang wajar dalam hidup, karena dalam hidup pastilah akan selalu ada masalah, baik besar ataupun kecil. Terlalu sering mengalami stress, terlebih jika kita tidak dapat mengelolanya dengan baik seperti mengalihkan dengan cara meminum alkohol, merokok dan mengonsumsi makanan tidak sehat, hal tersebut dapat memicu tekanan darah yang meningkat dan penyempitan dinding pembuluh darah yang mengakibatkan penyebab resiko penyakit Jantung. Oleh karena itu belajarlah mengelola stress dengan cara menghadapi masalah dengan berbesar hati, melakukan cara – cara menyehatkan dan menyenangkan seperti berjalan – jalan ke tempat yang menarik, berolahraga, melakukan meditasi atau yoga serta melakukan hal – hal menarik lainnya yang dapat membuat diri tidak terus berkubang dalam kepenatan hidup.

Bagaimana? Mudahkan bukan menerapkan tips – tips diatas, ayo kita mulai dari hari ini agar Jantung kita tetap sehat. Sayangi dan Cintai diri kita mulai dari sekarang.