830
Sunday, 17 March 2019 12:13 (2 tahun yang lalu)    Tulis Komentar

Tape Ketan Kuningan

Tape Ketan Kuningan

Tape ketan Kuningan adalah sebuah kisah menarik dunia usaha kuliner makanan khas rakyat. Awalnya makanan ini hanya ramai diproduksi menjelang Lebaran. Namun para perintis industri rumahan tape ketan yang tak kenal menyerah dalam berjuang berhasil mengantarkan penganan ini tampil sebagai oleh-oleh  khas Kota Kuningan, Jawa barat. Industri rumahan atau pembuatan tape ketan di Kuningan pun menjadi usaha yang menyediakan lapangan kerja sekaligus peluang usaha di bidang kuliner.

Makanan yang satu ini terbuat dari beras ketan yg difermentasi dengan ragi, dibungkus dengan daun jambu air dan diberi pewarna dengan daun katuk. sehingga menimbulkan cita rasa yg enak di lidah. tape ketan terbuat dari bahan bahan alami dalam proses pembuatannya dan tidak sedikitpun memakai bahan pewarna kimia atau pengawet makanan. sehingga sobat tidak perlu khawatir untuk memakannya. tape ketan bisa tahan sampai 1 minggu lebih semakin lama usia tape ketan maka akan mengeluarkan air dari hasil fermentasi, air fermentasi tape ketan aman untuk diminum karena rasanya manis (tapi jangan banyak2 minumnya ).

Pengrajin tape ketan terbanyak di Kampung Tarikolot, Desa/Kecamatan Cibeureum, sebuah tempat yang berada di Kabupaten Kuningan bagian timur. Selain itu, terdapat juga di Kelurahan Cigugur, Kecamatan Cigugur.

tape peuyeum khas kuningan kuliner oleh-oleh tape ketan peyeum kuningan fermentasi ketan tape kuningan

Komentar

Komentar telah di non-aktifkan untuk postingan ini

Berita Terkait