3 Agu 2019 19.16.54 - Iwan

Tahu Kopeci, Renyah di Luar, Lembut di Dalam

tahu-kopeci-kuningan-2

Jika kamu berkunjung ke Kabupaten Kuningan, coba deh cicipi makanan yang satu ini. Yap namanya Tahu Kopeci atau orang Kuningan biasa menyebutnya dengan Tahu Lamping. Diberi nama Kopeci karena singkatan dari Koperasi Pemuda Cikentrungan (Kopeci).

Sekilas, tahu ini mirip dengan Tahu Sumedang dan sama-sama dikemas dengan keranjang anyaman. Perbedaannya terletak pada komposisi tahu, jika setelah digoreng tahu ini tidak kopong, tetap padat berisi, lebih mengenyangkan dan juga lebih gurih.

Komposisi ini didapat karena cara pembuatannya yang berbeda. Tahu ini murni menggunakan air yang jernih, tidak seperti pembuat tahu lainnya yang tidak memperhatikan bahan baku dalam pengolahannya.

Tahu ini berukuran kecil dan berwarna cokelat di bagian luarnya dengan cita rasa kedelai yang masih sangat kental. Tahu Kopeci sangat cocok dinikmati bersamaan dengan cabai rawit.

tahu-kopeci-3

Disamping rasanya yang gurih dan empuk, harganya pun tak membuat kantong jadi bolong. Tahu Kopeci ini dijual dengan harga Rp 500 ,00 per buah, dan kalau beli dengan jumlah yang banyak Tahu Kopeci akan dibungkus dengan tempat khusus yang terbuat dari bambu.

Sebagai pelengkap para pedagang Tahu juga menyedia lontong dan susu kedelai, yang akan membuat menyantap tahu khas Kuningan ini kian nikmat. Gigitan pertama terasa renyah dan ranum di luar, gigitan kedua terasa gurih dan lembut memberikan sensasi hangat di mulut. Gigitan selanjutnya, lidah tak mau berhenti bergoyang. Mengingat rasanya yang lezat, Tahu Kopeci kerap dijadikan oleh-oleh khas Kuningan.

Saat ini, Tahu Kopeci juga sudah membuka kedai di samping tempat penjualan tahunya sendiri. Ya Tahu Kopeci beberapa waktu yang lalu membuka kedai, jadi untuk mempermudah penikmat Tahu Kopeci. Kamu bisa menikmati tahu, susu tahu dan panganan lainnya yang berasal atau berbahan baku dari kedelai di sini.

Kedai Kopeci sendiri cukup luas untuk menampung para penikmat Tahu Kopeci dan juga menyediakan area parkir yang cukup luas.*