28 Agu 2019 16.23.27 - Iwan

Sungai Cireong, Pesona Keindahan Alam yang Tersembunyi

Sungai-Cireong-3

Sungai Cireong menjadi destinasi wisata baru dan sedang populer terutama bagi warga di sekitar Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Tersembunyi dalam flora nan hijau dilengkapi dengan bebatuan yang indah, Sungai Cireong menyajikan pemandangan alam yang indah terlebih dengan adanya batu raksasa di sungai ini, semakin menambah pesona alam sekitar.

Sungai Cireong berada di Kampung Cireong Desa Sukaresik yang masih menjadi bagian dari Kecamatan Sindangkasih. Meskipun lokasi Sungai Cireong berada di Kabupaten Ciamis, tetapi lokasi Sungai Cireong justru dekat dengan Kota Tasikmalaya.

Sungai cireong berada di kaki Gunung Syawal yang berdekatan dengan Gunung Golkar. Aliran Sungai Cireong sangat bersih dan jernih sekalipun sedang musim hujan. Hal ini menarik para wisatawan lokal. Bahkan beberapa traveler dari luar Kabupaten Ciamis, mulai tertarik berkunjung ke Sungai Cireong.

Aliran Sungai Cireong mengalir melewati Mandalika dan bermuara di Sungai Citanduy. Untuk bisa masuk ke Sungai Cireong, kamu hanya dikenai tarif masuk yang sangat terjangkau serta tarif parkir kendaraan yang juga sangat murah.

Sungai-Cireong-2

Ketika mengunjungi Sungai Cireong, hal menarik yang dapat dilakukan adalah yang pasti berenang di sungai menikmati kejernihan airnya. Selain itu juga dapat dilanjutkan dengan hiking ke arah hulu Sungai Cireong menyusuri pematang sawah dan pinggiran sungai.

Selain berenang dan hiking, topografi dan kondisi jalan di sekitar Sungai Cireong juga cocok bagi kamu yang suka bersepeda gunung.

Keindahan alam Sungai Cireong tentunya juga cocok bagi yang memiliki hobi fotografi. Sungai Cireong banyak memiliki spot menarik untuk kegiatan fotografi, seperti landscape, human interest, makro dan slow speed tentunya. Tetapi memang  kekurangannya adalah belum tersedia kuliner menarik di Sungai Cireong.

Meskipun sudah mulai dikenal di kalangan wisatawan lokal, tetapi nampaknya Sungai Cireong belum dikelola dengan baik untuk dikembangkan menjadi sebuah obyek wisata. Hal ini dilihat dari minimnya fasilitas yang tersedia di lokasi. Meskipun demikian, di Sungai Cireong sudah tersedia lahan parkir, MCK dan mushola sederhana yang dikelola oleh warga setempat.

Sungai-Cireong-1

Untuk menuju ke Sungai Cireong, aksesibilitas jalan sudah beraspal baik. Meskipun demikian, sebaiknya berhati-hati karena jalan sempit dan topografi sedikit menanjak dan di beberapa titik ada jurang di sisi jalan yang belum diberi pagar pengaman.

Apabila dari arah barat (Bandung atau Tasikmalaya), belok ke arah utara pada koordinat S7.30202 E108.24106 atau pada koordinat S7.30503 E108.24861. Selanjutnya mengarah ke utara sampai ke pertigaan pada koordinat S7.29688 E108.24824, ikuti terus jalan utama sampai ke tempat parkir Sungai Cireong pada koordinat S7.27036 E108.25556.*