6 Sep 2019 19.22.31 - Iwan

Sensasi Rasa Berem Majalengka

Berem Majalengka

Mendengar namanya, kamu pasti berpikir bahwa makanan yang satu ini berasal dari Madiun atau Jogja. Ups, jangan salah, makanan yang khas dengan rasa asam manis itu, juga dibuat di Majalengka loh. Hanya saja bentuknya bulat seperti opak dan tipis, rasanya juga hampir sama yakni asam manis namun lebih mendominasi rasa manisnya.

Di Majalengka, brem biasa disebut dengan berem. Dari segi namanya, berem mungkin masih sangat asing, berbeda dengan brem produksi Madiun. Namun, dari sisi rasa, berem Majalengka tidak kalah dengan brem Madiun. Perbedaan penyebutan lebih dikarenakan dari bahasa yang digunakan masyarakat setempat.

Kabupaten Majalengka, yang didominasi oleh masyarakat Sunda, lebih mudah melafalkannya dengan sebutan berem dibanding brem.

Dari segi rasa, ketika mencicipi berem Majalengka, lidah kamu dipastikan akan bergoyang. Sensasi dingin dan rasa manis, dengan sedikit perpaduan rasa asam, berem Majalengka sangat cocok untuk menjadi teman setia saat kamu menikmati secangkir kopi.

Berem Majalengka terbuat dari beras ketan. Dalam prosesnya, berem ini diberi ragi sehingga menghasilkan rasa manis alami. Rasanya akan semakin nikmat jika kamu menyimpannya di kulkas. Sensasi rasanya dipastikan membuat kamu ketagihan.

Untuk menikmati camilan tradisional yang sudah diwariskan secara turun-temurun ini, kamu tidak perlu merogoh uang dalam jumlah besar, bahkan terbilang sangat murah. Ya, untuk satu berem berbentuk pipih ini, kamu hanya cukup mengeluarkan uang Rp250 per buah. Cukup murah bukan?