8 Agu 2019 12.54.15 - Iwan

Relaksasi Tubuh di Banyu Panas Palimanan

Banyu-Panas-Palimanan-1

Jika kamu bingung mencari tempat berlibur yang menyehatkan, coba deh kunjungi Obyek Wisata Banyu Panas Palimanan Cirebon. Selain kamu bisa melepas penat, kamu juga bisa melakukan terapi di pemandian air panas ini.

Disebut Banyu Panas Palimanan, sebab air yang dihasilkan di lokasi tersebut panas (hangat) dan kebetulan letaknya di desa Palimanan. Sensasi hangat yang dihasilkan dari kandungan belerang berasal dari aktivitas Gunung Kronong.

Selain sensasi berendam, kamu juga akan disuguhi dengan rindangnya pepohonan di sekitar area pemandian yang menghasilkan kesejekuan bagi siapapun yang berkunjung ke sana.

Uniknya, Banyu Panas Palimanan ini mempunyai kekhasan sendiri, yakni sumber mata airnya berpindah-pindah.

Banyu-Panas-Palimanan-2

Selain mempunyai ciri khas mata air yang berpindah-pindah, konon Banyu Panas Palimanan ini dipercaya bisa mengobati berbagai jenis penyakit, khususnya yang berhubungan dengan kulit dan tulang.  Hal ini karena air di kolam ini memiliki kandungan zat belerang yang cukup tinggi.

Sebagian penyakit yang dipercaya bisa sembuh di tempat ini yaitu penyakit kulit, rematik, jerawat, perawatan pasca keseleo, dan bahkan ketombe. Sebagian pengunjung yang pernah datang dengan tujuan kesehatan, memberikan kesaksian jika tempat ini memang berpengaruh baik pada kondisi peyakit mereka.

Banyu-Panas-Palimanan-3

Tempat wisata yang di bangun di atas tanah seluas 4 hektare ini mempunyai sebagian sarana. Selain  kolam berendam yang memiliki ukuran 10x15m, tempat ini dapat mempunyai tempat basuh serta kamar mandi yang komplit. Juga terdapat  joging track serta gazebo dengan design taman yang indah.

Air panas ini dihasilkan akibat pengeboran yang dilakukan oleh PT Indocement di tahun 2008. Saat itu Indocement melakukan pengeboran untuk mendapatkan air bersih. Selesai proses pengeboran yang dihasilkan justru mata air panas yang bersuhu 60 derajat celcius dan juga airnya berwarna biru. Warna biru inilah asal dari nama telaga biru pada mata air ini.*