1,574
Thursday, 01 August 2019 15:32 (4 tahun yang lalu)    Tulis Komentar

Pindang Gombyang, Lezatnya Mantul di Lidah

Pindang Gombyang, Lezatnya Mantul di Lidah

Salah satu makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi adalah ikan laut. Ikan laut memang identik dengan kecerdasan dan pertumbuhan. Nilai gizi yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Gizi utama yang terdapat dalam ikan laut adalah Omega 3, Omega 6, vitamin B kompleks, Vitamin D, Vitamin A, Taurin dan Selenium. Ikan laut juga memiliki kadar lemak yang rendah hingga bagi yang sedang diet, ikan laut merupakan alternatif yang terbaik untuk memenuhi asupan protein.

Kandungan gizi yang terdapat di dalam ikan laut sangatlah banyak, sehingga begitu penting untuk tubuh manusia. Untuk itu jenis makanan ini harus sering kita sajikan dalam menu makanan sehari-hari keluarga kita terutama untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Tetapi tentu saja akan menimbulkan rasa bosan apabila kita sajikan dalam bentuk itu-itu saja. Oleh karena itu kita harus pandai-pandai menyajikan dalam beraneka ragam bentuk sajian.

Ada satu menu yang akhirnya menjadi menu favorit di rumah, karena ternyata tak ada satu pun dari anggota keluarga yang tidak menyukainya. Makanan ini terbuat dari kepala ikan laut bernama Ikan Mayung, tapi bisa diganti juga dengan kepala ikan laut lain yang besar-besar, seperti misalnya Ikan Kakap. Nama panganannya adalah Pindang Gombyang, makanan ini adalah makanan khas dari Indramayu.

Pindang Gombyang sebetulnya terbuat dari kepala Ikan Manyung, ikan laut yang biasa di buat menjadi makanan yang terkenal dengan ikan asin jambal roti. Tahu kan asin jambal roti? Kepala Ikan Manyung biasanya tidak bisa dimanfaatkan untuk ikan asin jadi dulu merupakan limbah sisa pembuatan Asin Jambal Roti.

Untuk memanfaatkan kepalanya yang panjang dan cukup besar akhirnya penduduk Indramayu yang umumnya tinggal dekat pantai dan bermata pencaharian nelayan, mengolah limbah dari Asin Jambal Roti ini menjadi olahan ikan laut bernama Pindang Gombyang.

Ternyata olahan ini menjadi masakan khas Indramayu yang banyak digemari, tidak saja oleh penduduk asli Indramayu. Sejak tahun 2000 sampai sekarang, Pindang Gombyang bisa ditemui di kedai dan rumah makan sepanjang jalur Pantura.

Makanan ini cukup murah satu porsi dibanderol rata-rata seharga Rp 15.000,00. Dan pada bulan Juli 2016 yang baru lalu pada perayaan Tradisi Nadran Nelayan 2016 diadakan acara pemecahan rekor menyantap Pindang Gombyang secara serempak bersama-sama sebanyak 2016 piring. Acara ini diadakan untuk semakin mempopulerkan makanan yang memang rasanya gurih dan sedap ini.*

kuliner pindang gombyang indramayu ikan mayung

Komentar

Komentar telah di non-aktifkan untuk postingan ini

Berita Terkait