30 Agu 2019 21.10.00 - Iwan

Pesona Indah Curug Bilik Pangandaran

Curug-Bilik-Pangandaran-2

Curug Bilik terletak di Kampung Mekarsari Desa Jayasari Kecamatan Langkap Lancar Kabupaten Pangandaran, daerah ujung yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tasikmalaya.  Curug ini memiliki ketinggian sekitar 10-15 meter dengan lebar sekitar 20 meter dengan kontur batuan dinding curug sebelah kiri agak melesup sehingga curugnya menjadi unik.

Dan tidak hanya itu saja, hal lain yang unik dari curug ini adalah letaknya yang persis berada di bawah jembatan utama jalan perbatasan antara Tasikmalaya dan Pangandaran. Jadi jika kita berada di bawah curug bisa melihat jembatan tersebut.

Curug ini berjarak 52.5 Km dari Bundaran Pangandaran dan dapat ditempuh kurang lebih 2-3 jam dari Bundaran Pangandaran ke arah Langkaplancar. Alamnya yang masih asri dan begitu alami serta akses menuju curug tidak usah jalan kaki dari atas jalan kamu bisa turun dan langsung menikmati indahnya curug sembari berenang dan berkumpul bersama rekan dan keluarga.

Curug-Bilik-Pangandaran-1

Di sekitar curug terdapat tebing bebatuan yang ditumbuhi rumput dan tanaman hijau, sehingga dapat menambah kesejukan udara, sehingga pengunjung dapat merasakan sensasi kesejukan air terjun. Di sini kamu bisa melakukan aktivitas seperti berenag, bermain air dan sebagainya,

Keunikan lainnya adalah curug ini memiliki 3 Lubuk, Lubuk 1, 2 dan Lubuk 3, atau warga setempat menyebutnya Lulumpang (dalam Bahasa Sunda), dimana air terjun tersebut jatuh tepat di Lubuk/lulumpang  yang pertama, seterusnya mengalir ke Lubuk dua dan tiga, nah di sini kamu bisa coba menguji nyali dengan meloncat dari ketinggian tebing samping air terjun ke dalam Lubuk yang pertama, dan rasakan sensasinya.

Tetapi syaratnya dapat berenang, serta dipandu oleh penduduk setempat demi keamanan, bila tak berani loncat, kamu dapat loncat dari tebing air terjun sampingnya lagi ke Lubuk ke-2, karna tebingnya tidak terlalu tinggi, dan lebih aman, lubuk 1 & 2 memiliki kedalaman yang teramat dalam karna sering dijatuhi air terjun, sedangkan lubuk ke 3 airnya tidak terlalu dalam, sehingga menjadi mudah untuk berenang. Untuk fotografi sangat bagus dengan background air terjun yang jernih.*