13 Mar 2019 16.00.10 - Adm

Panduan Sehat dalam Mencegah Kenaikan Berat Badan Selama Masa Liburan

Panduan Sehat dalam Mencegah Kenaikan Berat Badan Selama Masa Liburan

Pemahasan kali ini yaitu tentang panduan yang sehat dalam mencegah kenaikan berat badan yang signifikan selama musim libur. Ketika berfikir tentang libur, maka biasanya identik dengan bersantai, wisata kuliner, piknik dan lain sebagainya. Berat badan menjadi tidak terkontrol dan mengakibatkan kenaikan berat badan yang sangat drastis.

Selain meningkatnya berat badan, emosi Anda menjadi lebih sulit dikontrol karena berat badan yang naik. Jika terjadi demikian, siapa yang akan disalahkan? Berikut beberapa cara untuk mencegah kenaikan berat badan selama masa liburan.

Hindari Memakan Makanan Manis dan Junk Food

Tips dan trik pertama adalah hindari, bukan mengurangi tetapi hindari memakan sesuatu yang manis serta junk food. Sebisa mungkin Anda harus menghindari makanan manis dan junk food.

Cara untuk menghindari makanan manis dan junk food adalah yang sangat benar, karena makanan manis dan junk food mengandung terlalu banyak zat yang dapat mempermudah proses penggemukan badan.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Panduan sehat selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran sebagai ganti dari makanan manis dan junk food yang tidak menyehatkan. Mengkonsumsi buah dan sayuran dengan rutin serta teratur dapat mengurangi resiko obesitas. World Health Organization (WHO) mengatakan bahwa buah dan sayuran adalah makanan sehat dengan tinggi serat dan rendah kalori. Serat dari sayuran yang tinggi akan mempermudah sistem metabolisme dalam tubuh.

Makanlah Sebelum Lapar dan Tidur dengan Teratur

Ketika berlibur, mayoritas orang akan sengaja bangun siang hari. Padahal menurut beberapa ulasan menuliskan bahwa bangun siang merupakan kegiatan yang tidak sehat dan dapat mengganggu metabolisme tubuh karena jadwal makan yang tidak teratur. Tidur dan bangun sesuai dengan aturan dapat membantu sistem pencernaan makanan berjalan dengan baik.
Selain tidur dan bangun teratur, makan diawal waktu dan tidak menunggu kelaparan merupakan tips dan trik sehat yang sebisa mungkin diterapkan. Makan ketika lapar seringkali membuat Anda lupa diri tentang aturan makan yang ditetapkan. Oleh karena itu, ada baiknya bila makan sebelum lapar melanda.

Lakukan Olahraga dengan Rutin

Ulasan berikutnya yakni dengan tetap melakukan kegiatan olahraga secara rutin. Walau Anda sedang libur kerja ataupun sekolah, hal itu bukan alasan bagi Anda untuk libur dalam berolahraga juga. Olahraga harus tetap dilakukan. Jika Anda sedang berada ditempat destinasi wisata, carilah alternatif olahraga lainnya yang tidak mengharuskan Anda untuk pergi ke Gym seperti jogging di sekitar hotel atau melakukan yoga dikamar hotel. Mengurangi makanan saja tidak dapat menjamin berat badan tidak mengalami kenaikan, tetapi dengan berolahraga Anda dapat membakar lemak jahat yang ada.

Mengecek Berat Badan Secara Teratur

Mengecek berat badan secara teratur dan rutin menjadi tutorial yang tidak kalah penting dalam proses penjagaan kondisi badan. Ketika Anda dengan teratur mengecek berat badan, Anda akan menjadi lebih berhati-hati dalam hal mengkonsumsi makanan. Selain itu, Anda dapat memperkirakan jenis makanan apa yang boleh dan tidak boleh Anda konsumsi.

Tetapkan waktu dan buatlah reminder ketika ingin melakukan pengecekan serta lakukan secara berkala pada waktu yang sama. Pagi hari ketika bangun tidur adalah waktu paling tepat ketika ingin melakukan pengecekan berat badan, karena bangun tidur merupakan berat badan Anda yang sesungguhnya.

Cermatlah ketika ingin mengkonsumsi sesuatu serta kendalikan diri untuk tidak memakan sesuatu yang akan Anda sesali kemudian. Demikianlah panduan untuk mencegah naiknya berat badan secara signifikan saat liburan. Sekian dan terima kasih.