550
Thursday, 29 August 2019 07:57 (2 tahun yang lalu)    Tulis Komentar

Mustika Taman Anggrek, Tenang dengan Suasana Hutan di Pusat Kota

Mustika Taman Anggrek, Tenang dengan Suasana Hutan di Pusat Kota

Situ Mustika adalah destinasi wisata situ (telaga) buatan yang terletak di tengah Kota Banjar, Jawa Barat, tepatnya di Desa Karang Panimbal Kecamatan Purwaharja Kota Banjar. Destinasi ini menawarkan suasana hutan yang sejuk serta panorama situ yang asri dan tenang di tengah kota.

Di tengah-tengah situ terdapat sebuah pulau kecil.  Sebuah sebuah jembatan gantung menghubungkan pulau tersebut dengan pinggir situ.

Kawasan wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani dan memilik luas efektif 8,5 Ha, dengan 3,5 ha berupa situ dan 5 ha daratan. Kini, wana wisata ini telah bertransformasi menjadi lebih indah dengan tambahan wahana dan atraksi baru. Namanya pun diganti menjadi Mustika Taman Anggrek.

Kawasan Situ Mustika masih alami serta dikelilingi oleh hutan lindung. Udaranya masih sejuk dikarenakan banyak pepohonan di sekitar kawasan. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan di tempat ini di antaranya melihat keelokan pemandangan alam danau, hutan tanaman/tanaman campuran, duduk santai di pulau yang terletak di tengah danau, jalan-jalan mengitari danau, piknik, mendaki gunung, berperahu serta memancing.

Kawasan ini juga biasa dipergunakan buat kegiatan outbond serta kegiatan pendidikan atau penelitian serta kegiatan lain seperti reuni serta munggahan.

Di sebelah barat situ terlihat puncak Gunung Babakan. Pemandangan tersebut dapat memikat wisatawan yang ingin menemukan ketenangan di sela kesibukannya dengan duduk santai serta menikmati kondisi sekitar situ.

Mustika-Taman-Anggrek-2

Di tengah-tengah Situ juga terdapat pulau. Di pulau tersebut terdapat gazebo yang dapat dipergunakan wisatawan buat berkumpul bersama dengan keluarga.

Sarana yang terdapat di Situ Mustika, meski terbatas, namun cukup memadai.  Sarana-sarana generik seperti MCK serta mushola relatif dalam kondisi bagus serta lancar. Terdapat juga warung penjual camilan, tempat parkir yang cukup luas serta jalur tracking mengitari situ.

Juga terdapat satu buah dermaga dengan lima buah sepeda air.  Suatu jembatan gantung dengan kondisi yang masih bagus menghubungkan pulo dengan pinggir situ. Tiket masuk ke obyek wisata ini adalah sebesar Rp5000 per orang.

Destinasi ini terletak pada jalur selatan trans Jawa dengan lalu lintas yang cukup ramai dan dapat dijelang dari tiga arah.Dari kota Ciamis menggunakan jalan raya Ciamis-Banjar dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Dari arah Jawa Tengah menggunakan jalan raya Cilacap–Ciamis dengan waktu tempuh sekitar 20 menit dari batas provinsi.

Sedang dari arah Pangandaran dapat melalui jalan raya  Pangandaran-Ciamis, masuk Kota Banjar dan  menggunakan jalan Jend Soewarto sebelum tiba di Parungsari.  Waktu tempuh Banjar-Pangandaran adalah sekitar 2,5 jam.*

situ mustika taman anggrek kota banjar tenang

Komentar

Komentar telah di non-aktifkan untuk postingan ini

Berita Terkait