953
Tuesday, 03 September 2019 11:26 (1 tahun yang lalu)    Tulis Komentar

Menyusuri Petilasan Prabu Siliwangi

Menyusuri Petilasan Prabu Siliwangi

Makam Prabu Siliwangi di Majalengka adalah sebuah tempat yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk melakukan wisata dan belajar mengenai sejarah Kerajaan Padjajaran.

Di tempat tersebut kini telah dijadikan obyek wisata. Mulai dari wisata alam, ziarah dan berbagai obyek lainnya. Prabu Siliwangi ialah seorang Raja yang terbesar yang pernah memimpin Kerajaan Padjajaran.

Di dalam lingkungan makam tersebut terdapat berbagai hal yang merupakan petilasan dari Prabu Siliwangi. Petilasan terebut berada di Desa Pajajar, Rajagaluh Majalengka.

Tempat ini ramai dikunjungi oleh masyarakat terutama saat malam jumat kliwon, akhir pekan, hari raya, atau hari libur. Selain bisa melihat situs bersejarah petilasan dari Prabu Siliwangi, pengunjung juga bisa menikmati keindahan telaga, situ dan juga mata air Slendang Bidadari.

Di sekitar lokasi ini sering digunakan untuk tempat perkemahan dengan nama Bumi Perkemahan Prabu Siliwangi dengan dilengkapi beberapa fasilitas seperti kolam renang, arena outbond, sepeda air dan tempat kemah yang representatif.

Sudah sejak 1980 tempat tersebut dijadikan sebagai situs sejarah dari Kerajaan Padjajaran. Awalnya tempat tersebut hanya banyak dikunjungi dalam rangka melakukan ziarah, namun sepuluh tahun kemudian dikelola dengan baik dan dijadikan sebagai obyek wisata sejarah Prabu Siliwangi.

Petilasan-Prabu-Siliwangi-2

Ketika mengunjungi makam Prabu Siliwangi di Majalengka maka letaknya berada di sebuah hutan kecil dengan pohon yang begitu besar dan rindang. Jelas sebagian besar orang yang berkunjung ke situ tidak hanya ingin melakukan ziarah ke makam Prabu Siliwangi saja.

Meskipun ada beberapa orang yang punya niat hanya untuk ke Makam Prabu Siliwangi. Tetapi di sektabta juga terdapat berbagai macam tempat yang merupakan petilasan dari Prabu Siliwangi. Dari namanya saja jelas bahwa wisata religi menjadi daya tarik yang paling terlihat.

Petilasan tersebut dijaga oleh seorang kuncen. Ketika sudah memasuki gerbang masuk saja akan terlihat patung Harimau yang menunjukan keidentikan tempat ini dengan Prabu Siliwangi.

Selain itu, disekitarnya juga ada wisata alam yang bisa menjadi tempat tambahan bagi para peziarah dengan melihat keindahan panorama dari dua telaga yang ada di kawasan petilasan Prabu Siliwangi tersebut. Ada Telaga Pancur dan Telaga Emas. Keduanya merupakan daya tarik dari wisata petilasan Prabu Siliwangi yang ada di Majalengka.

Petilasan-Prabu-Siliwangi-3

Mengunjungi situs sejarah atau tempat yang menyimpan cerita sejarah adalah sebuah jalan yang bisa dilakukan untuk belajar sejarah. Saat ini banyak tempat wisata yang menawarkan area hiburan tetapi tetap mengandung unsur belajar tentang sejarah , seperti petilasan Prabu Siliwangi yang ada di Majalengka.

Sebelum menuju ke petilasan Prabu Siliwangi pengunjung dikenakan tiket masuk ke lokasi sebesar 15 ribu untuk dewasa dan 10 ribu untuk anak-anak. Untuk sampai ke petilasan Prabu Siliwangi bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sepeda motor.

Jika menggunakan kendaraan berbadan besar seperti bus dan truk, pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di depan Balai Desa Pajajar Kecamatan Rajagaluh. Kemudian harus berjalan kaki kurang lebih 1 km dari lokasi parkir. Sedangkan untuk kendaraan kecil hanya berjalan kaki sepanjang 400 meter ke tempat petilasan Batu Prabu Siliwangi.

makam prabu siliwangi wisata religi majalengka petilasan

Komentar

Komentar telah di non-aktifkan untuk postingan ini

Berita Terkait