10 Agu 2019 13.09.28 - Iwan

Menikmati Keindahan Mata Air Curug Tujuh Panjalu

Curug-Tujuh-1

Sebagai kota yang berbatasan dengan Kabupaten Majalengka dan Kuningan di utara serta Tasikmalaya di bagian barat, Ciamis menyimpan satu destinasi wisata cantik yang sayang untuk dilewatkan. Curug Tujuh Cibolang, begitulah namanya.

Seperti namanya, destinasi ini merupakan curug (air terjun) yang bertingkat-tingkat sampai 7 buah. Mereka adalah Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Simantaja, Curug Cileutik, dan Curug Cibuluh.

Destinasi ini berada pada ketinggian 800-900 meter di atas permukaan laut.  Konfigurasi lapangannya berbukit dengan suhu udara secara umum berada pada 17-18 derajat Celcius.

Untuk menikmati keindahan dan keasrian ketujuh curug tersebut kita harus naik mengitari bukit dengan mengunakan jalan setapak yang dikelilingi hutan pinus Perum Perhutani.

Curug-Tujuh-2

Curug Tujuh Panjalu atau disebut juga Curug Cibolang terletak di Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, di kaki Gunung Sawal.  Berjarak Sekitar 35 km dari Kota Ciamis ke arah utara.

Kamu bisa ke sini dengan menggunakan kendaraan umum. Kamu bisa naik dari Terminal Ciamis menggunakan jurusan Ciamis-Panjalu atau dari Bandung menggunakan jurusan Ciamis via Panjalu.

Untuk menuju objek wisata ini kamu dapat menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua.  Bagi yang punya hobi olahraga bersepeda bisa juga menggunakan sepeda gunung.

Curug-Tujuh-3

Destinasi wisata ini tidak hanya istimewa dengan keindahan jatuhan air. kamu juga bakal menikmati udara segar dari pepohonan di sekitarnya. Namun, untuk mendapatkan paket lengkap itu tidaklah mudah. Kamu harus mendaki jalanan yang cukup terjal dan melelahkan. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk jalan karena lokasi ke tujuh curug yang berbeda-beda.

Curug Satu tak jauh dari pintu gerbang dan berjarak sekitar 50 m. Air terjun ini yang besar dengan ketinggian mencapai 120 meter dan lebar 20 meter. Biasanya, destinasi ini jadi spot favorit wisatawan.

Untuk menuju curug dua, kamu tinggal berjalan kaki sejauh 1 km. Begitu pula ketika ingin mengunjungi curug empat, tiga dan juga lima. Sementara curug enam dan tujuh, tidak terlalu besar. Pun demikian keindahannya tak kalah memukau. Sayang, lagi-lagi medannya sangat sulit dengan jalanan licin dan terjal.

Curug Tujuh Cibolang sendiri memberikan pengalaman yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Suasananya lebih sejuk dan suhu air yang dingin tapi menyegarkan.

Di sini, kamu dibolehkan berenang, tapi harus tetap menjaga kelestarian alam. Mau berkunjung saat kemarau? Tak perlu khawatir, airnya tak akan surut dan tetap menyegarkan. Kamu juga bisa kemping di sekitaran jatuhan air. Bagaimana tertarik untuk berkunjung ke Curug Tujuh Cibolang ini kan?