1 Agu 2019 15.57.50 - Iwan

Menikmati Keindahan Alam Situ Cipanten

Situ Cipanten 32

Majalengka memiliki beragam wisata yang patut untuk dikunjungi, dari mulai alam pegunungan, curug hingga situ. Salah satu wisata menarik adalah Situ Cipanten yang berada di Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Situ Cipanten sebenarnya bukanlah destinasi wisata baru, karena pada tahun1970an situ ini sudah dibuka untuk umum dan digunakan sebagai tempat rekreasi.

Namun, karena kurangnya pengelolaan yang baik menimbulkan kesan angker di lokasi ini dan membuat wisatawan enggan untuk datang. Hingga akhirnya sejumlah orang mengunggahnya ke media sosial, dan Situ Cipanten mulai ramai dikunjungi.

Situ Cipanten ini merupakan danau yang memiliki luas kurang lebih satu hektare. Dahulu, digunakan untuk pengairan dan juga perikanan. Sementara itu sumber air di Situ Cipanten ini berasal dari tujuh mata air, maka dari itu meskipun musim kemarau tiba, tidak akan kering.

Situ Cipanten 23

Bagi kamu yang suka berselfie ria, ada berbagai spot kekinian yang biasa digunakan untuk swafoto, mulai dari Jembatan Cinta, Perahu Titanic, dan lain-lain. Selain itu, ada beberapa wahana yang bisa dicoba, seperti sepeda air, arena outbond, dan berbagai fasilitas lainnya.

Selain beberapa fasilitas lengkap dan bagus, Situ Cipanten juga dikenal karena memiliki alam yang sangat asri dengan hutan yang masih sangat alami. Kawasan hutan yang berada di sekitaran lokasi benar-benar membuat suasana menjadi begitu asri, meskipun di siang hari, lingkungan tetap nyaman untuk disinggahi saat mudik lebaran.

Bagi kamu yang mudik ke Jawa Barat dan ingin mengunjungi Situ Cipanten ini hanya cukup membayar tiket masuk sekitar Rp 5 ribu saja lho. Cukup murah bukan?

Namun kamu akan dikenakan biaya tambahan Rp5 ribu lagi jika ingin naik perahu mengelilingi Situ Cipanten dengan beragam pesonannya. Buat kamu yang ingin bermalam di sekitaran Situ Cipanten juga bisa lho. Pasalnya, sudah ada penginapan di dekat lokasi. Bisa dituju menggunakan kendaraan pibadi ataupun juga transportasi umum.*