5 Agu 2019 19.31.57 - Iwan

Memanjakan Mata di Karacak Valley

Karacak-Valley-3

Meski baru dibuka pada tahun 2016 lalu, Karacak Valley menjadi salah satu tempat wisata yang cukup populer di kalangan traveller baik lokal di Garut ataupun dari luar kota. Wilayahnya berupa hutan pinus dan perkebunan kopi milik Perhutani.

Kawasan ini pas bagi kamu yang suka berselfie-selfie ria. Background deretan pohon pinus yang indah menjadi pelengkap untuk foto kamu. Apalagi jika kamu suka mengunggahnya ke medsos.

Karacak Valley memang dikenal para wisatawan karena banyak yang mengunggahnya ke medsos. Lokasinya berada di area kampung Pakuwon, Kelurahan Sukanegla, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tidak terlalu jauh dari Garut Kota. Jika kamu bingung, tinggal buka google maps.

Diberinama Karacak Valley karena lokasinya tepat berada di Lembah Gunung Karacak yang merupakan perbatasan Garut-Tasik dan Valley itu sendiri berasal dari Bahasa Inggris yang berarti lembah, sedangkan karacak artinya air yang menetes.

Karacak-Valley-1

Walaupun Karacak Valley ini terbilang masih baru, daya tarik objek wisata ini cukup tinggi karena keindahan bukit dan lokasinya yang strategis. Penasaran? Yuk berkunjung ke Garut?

Akses transportasi menuju Karacak Valley terbilang cukup mudah dijangkau, yaitu dengan mengambil rute Jalan Barata Yudha lalu belok ke Jalan Margawati.

Dari Jalan Margawati ini, kamu tinggal mengikuti jalur, walaupun ada beberapa persimpangan kamu tidak usah khawatir karena di sepanjang jalan cukup banyak petunjuk arah sehingga memudahkan kamu untuk menuju lokasi.

Bagi kamu yang ingin menggunakan angkutan umun, dari Terminal Guntur kamu bisa naik angkot jurusan Sukaregang atau Sukadana dengan tarif sekitar Rp 4-5 ribu. Kemudian berhenti di Pangkalan Ojek Margawati dan melanjutkan perjalanan menggunakan ojek dengan tarif disesuaikan dengan driver.

Kondisi jalan menuju lokasi ini terbilang cukup baik dan bisa dilewati oleh kendaraan roda 2, maupun  roda 4 atau bisa juga menggunakan bus berukuran kecil, hanya saja kondisi jalan tidak terlalu lebar sehingga apabila ada kendaraan dari arah berlawanan akan sedikit menyulitkan.

Karacak-Valley-4

Beberapa kilo menuju lokasi  kondisi jalan mulai berlubang, sempit dan banyak ditemui tanjakan yang menikung tajam. Oleh karena itu bagi kamu yang mau ke sini harus benar-benar menyiapkan kondisi kendaraan yang prima. Apalagi 200 meter dari pintu masuk Karacak Valley kamu akan melewati jalanan dengan kondisi rusak berat dan jalanan tanpa aspal atau tanah yang tentunya akan lebih licin kalau musim hujan.

Salah satu daya tarik Karacak Valley adalah pemandangannya yang memanjakan mata, dari puncak dogar atau puncak karacak kamu bisa menikmati view Gunung Cikuray yang menjulang tinggi dan landscape Kota Garut yang sangat jelas membentang dari Puncak Karacak. Apalagi jika suasana malam hari, tentunya kalian bisa menikmati indahnya citylight Garut.

Bagi kamu yang memiliki hobi camping di alam bebas, Karacak Valley sangat cocok untuk dikunjungi karena di sini disediakan camp area yang cukup luas  untuk membangun beberapa tenda, selain itu banyak juga tempat lain yang bisa kamu gunakan untuk membangun tenda, salah satunya di puncak Dogar.

Di atas puncak dogar kamu bisa sambil menikmati citylight Garut di malam hari. Tapi jangan lupa untuk konfirmasi terlebih dahulu pada pihak pengelola jika kalian ingin mendirikan tenda selain di area camping ground. Untuk kamu yang tidak membawa peralatan camping, tidak usah khawatir karena di sini disediakan penyewaan alat-alat camping.*