2,618
Monday, 02 September 2019 17:49 (4 tahun yang lalu)    Tulis Komentar

Melihat Pemandangan Alam dari atas Bukit Cadas Gantung

Objek wisata yang berada di Desa Mirat, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka ini menjadi salah satu tempat populer masyarakat yang ingin mengisi waktu liburnya. Banyak wisatawan yang datang dari kota-kota lain, mereka tentunya penasaran ingin melihat pemandangan alam dari atas bukit sambil mengabadikannya dengan berfoto atau berselfie.

Populer pada pertengahan tahun 2015, tempat ini jadi incaran para wisatawan anti mainstream. Sebab pemandangan dan akses jalan menuju kesini masih perawan, alias masih alami, dan itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi wisatawan.

Hampir sama dengan wisata tebing lainnya, kamu yang sudah mencapai puncak dapat melihat keindahan alam yang berada di bawah. Ketinggian bukit Cadas Gandung sendiri yakni 500–750 mpl, sehingga cukup melelahkan bagi kamu yang sebelumnya tidak pernah mendaki.

Selain pemandangan alam yang memanjakan mata, kamu juga bisa selfie ria di lokasi ini, karena pengelola membuat spot-spot menarik untuk selfie.

Cadas-Gantung-2

Menariknya, tebing Cadas Gantung memiliki bukit perkemahan yang bisa dijadikan sebagai tempat kemping atau berkemah. Lokasinya cukup landai karena berada di tempat yang dulunya digarap sebagai lahan pertanian. Luasnya kurang lebih sekitar 5 hektare. Bahkan posisinya pun sangat strategis untuk mengeksplorasi lebih jauh lagi daerah wisata seputar Cadas Gantung.

Keanekaragaman flora di sekitar Cadas Gantung juga bisa dipelajari oleh para pelajar dan para pandu. Beberapa tumbuhan yang tumbuh di area Cadas Gantung sangat beragam seperti Kemiri, Jati hingga hutan Pinus yang wanginya khas dan alami.

Pemandangan dari bukit pun tak kalah menarik. Cocok untuk mengambil foto dengan mode landscape karena langsung disuguhi pemandangan tegalan, persawahan dan perkebunan. Saat menuju Cadas Gantung dengan pendakian medium, kalian juga akan disuguhi dengan pemandangan yang menawan.

camping-di-cadas-gantung

Persawahan terasering akan mendominasi sepanjang perjalanan. Ada beberapa rute atau akses menuju lokasi wisata Cadas Gantung yang bisa dipakai:

Dari Majalengka, bisa naik angkutan jurusan Rajagaluh. Turun di terminal Rajagaluh dan naik jurusan Prapatan Panjalin lewat Pasar Leuwimunding. Kalau sudah melewati Polsek Leuwimunding, kamu akan menemukan SDN Mirat III. Belok kanan dan lurus hingga melewati jembatan Kali Ciwaringin yang ada di blok Peuntas. Lurus lagi sampai menemui pertigaan setelah sawah dan kebun, belok kiri dan pengunjung akan melewati rumah-rumah warga. Ikuti jalan dan kamu akan sampai di lokasi wisata Cadas Gantung Leuwimunding.

Dari Cirebon, kamu bisa naik mobil dengan jurusan Rajagaluh atau Bandung. Kemudian akan ada Prapatan Panjalin Sumberjaya. Turun di situ dan setelah sampai SDN Mirat III belok kiri. Ikuti rute setelahnya dari Majalengka.

Dari Bandung atau Sumedang, berlawanan arah dari Cirebon. Jadi, setelah melewati Prapatan Panjalin pengunjung bisa turun dan belok kanan. Naik mobil jurusan Rajagaluh dan kalau sampai SDN Mirat III belok kiri. Ikuti terus jalannya seperti rute Majalengka di atas.

Dari arah Sumber atau Sindangwangi, kamu bisa naik bus jurusan Rajagaluh. Turun di Terminal Rajagaluh dan naik kembali jurusan Prapatan Panjalin. Setelah Polsek Leuwimunding ada SDN Mirat III, belok kanan dan ikuti rute sesudahnya seperti di atas.*

pemandangan alam cadas gantung majalengka wisata