11 Sep 2019 17.31.21 - Iwan

Melihat dari Dekat Kura-kura Belawa Cirebon

Kura-kura-Belawa-1

Selain memiliki ragam budaya dan makanan khas, Cirebon juga memiliki hewan khas yang dikeramatkan warganya, yakni Kura-kura Belawa. Kura-kura ini kabarnya hanya bisa ditemukan di objek wisata Cikuya di Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.

Kura kura ini adalah hewan endemik Cirebon dengan nama latin Amyda Cartilaginea yang hanya berada di Desa Belawa Kecamatan Lemah Abang, sekitar 20 km dari Pusat Kabupaten Cirebon. Kura Kura Belawa mempunyai ciri khas tersendiri dibanding dengan kura-kura yang ada di Indonesia pada umumnya yaitu bentuk kulit tempurung yang cekung dan berwarna hitam polos dan mirip punggung manusia, serta mempunyai berat badan 50–100 Kg.

Bertahannya kura-kura ini berkat mitos yang mengatakan bahwa barangsiapa yang membawa kura-kura Belawa keluar dari Desa Belawa, maka akan mendapat musibah. Sehingga, masyarakat sekitar enggan untuk memperjual-belikan atau mengonsumsinya.

Dari hasil penelitian, Kura-kura Belawa masuk dalam jenis labi-labi yang sering dijumpai di Cina, Sumatera dan Kalimantan. Namun, hanya di Belawa kura-kura tersebut masih terjaga dan dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Kura-kura tersebut termasuk hewan langka yang banyak dicari oleh kolektor hewan langka. Selain itu, jenis labi-labi ini juga paling dicari oleh orang-orang Cina untuk dikonsumsi.

Kura-kura-Belawa-3

Saat ini jumlah kura-kura Belawa sekitar 400 ekor. Padahal pada tahun 2010, sempat terjadi kematian kura-kura Belawa secara masal. Dari 300 kura-kura Belawa yang saat itu hidup, hanya tersisa 13 ekor.

Dari peristiwa ini lah akhirnya didirikan konservasi hingga sekarang bertambah menjadi 400-an ekor, termasuk yang ada di penangkaran. Setiap tahunnya, ada 600 butir telur baru. Namun, hanya 50 persen yang berhasil menetas, yaitu sekitar 300 telur.

Tak hanya berupa tempat wisata yang berisikan hewan kura- kura, tempat wisata ini juga memiliki museum yang di dalamnya berisi awetan kura-kura belawa mati dan diletakkan di aquarium serta ruangan semi indoor berkolam. Hal ini menjadikan destinasi Wisata Kura-Kura Belawa Cirebon semakin langka dan semakin diminati banyak orang.

Tak sebatas itu saja, wisata kura-kura belawa juga menawarkan pengalaman berharga serta edukasi yang nyata. Tak hanya bersenang-senang, anak-anak pun bisa bermain sembari belajar mengetahui asal-usul sejarah Kura-kura Belawa Cirebon ini.*