10 Agu 2019 14.26.52 - Iwan

Melepas Penat di Waduk Cipancuh

Waduk-Cipancuh-1

Menikmati akhir pekan, tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi objek wisata. Salah satu objek wisata yang bisa menjadi referensi kamu adalah  Waduk Cipancuh (Situ Cipancuh atau Bendungan Cipancuh) yang terletak di Desa Situraja, Kecamatan Gantar, Indramayu.

Ada beberapa spot foto keren di sini yang dijamin bisa membuat kamu menjadi lebih kece salah satunya yang lagi hits adalah jembatan yang menuju ke tengah waduk. Di sini kamu bisa berfoto dengan latar belakang air waduk yang begitu luas. Kamu juga bisa menghabiskan waktu sambil menunggu sunset, dijamin segala penat kamu setelah seharian bekerja akan hilang.

Waduk ini memiliki luas area 700 hektare ini dibangun pada tahun 1927 oleh Pemerintah Hindia Belanda dan pernah mengalami rekonstruksi tanggul pada tahun 1972. Wadukan adalah sebutan yang lebih sering digunakan oleh masyarakat setempat untuk menyebut lokasi ini.

Waduk-Cipancuh-3

Obyek ini sangat ramai dikunjunggi menjelang Hari Minggu ataupun hari libur, dan sangat cocok pergi ke Obyek Wisata Waduk Cipancuh ini bersama keluarga ataupun teman kerja.

Jika ingin menuju ke sana, rute termudah yakni melalui jalur Lohbener-Cirebon. Dari sana, terus ikuti jalan hingga arah Kali Cimanuk. Setelahnya kamu akan melewati Jembatan Bangkir untuk menyeberangi Kali Cimanuk. Terus lurus hingga pertigaan SMAN 1 Lohbener ambil kanan.

Terus lurus melewati Taman UKS Celeng Lohbener, Rumah Makan Suka, SPBU Kiajaran Kulon, Masjid Pangkalan hingga menemui pertigaan setelah Kali Pedomasan.

Terus lurus pada pertigaan tersebut hingga kamu akan melewati SMAN 1 Losarang, selanjutnya kamu akan melihat pertigaan sebelum Polsek Kandanghaur.

Waduk-Cipancuh-2

Belok kiri di pertigaan itu dan susuri Jalan Raya Gabus hingga memasuki Jalan Kalipandan. Selanjutnya akan terlihat sebuah pertigaan di dekat Kali Gandanggoang. Ambillah jalur kanan dan ikuti Jalan Gembreng Kamprong.

Terus lurus hingga masuk Jalan Gembreng Sidamulya dan pada perempatan pertama, ambil lajur kiri. Terus lurus hingga menemui pertigaan di ujung jalan. Ambil jalur kanan menuju Jalan Raya Cipedang memasuki Jalan Irigasi Wanguk.

Di perempatan pertama, belok kiri menuju Jalan Raya Haurgeulis. Ikuti jalur tersebut hingga menemukan pertigaan sebelum Alun-alun Haurgeulis. Belok kiri hingga menemui perempatan kemudian belok kanan. Di sana aka nada pertigaan terakhir. Pilihlah jalan ke kiri di pertigaan itu hingga sampai di Waduk Cipancuh.*