5 Sep 2019 15.55.03 - Iwan

Makan Nasi Goreng Bisa Picu Hipertensi, Benarkah?

nasi-goreng-seafood

Salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang di berbagai belahan dunia adalah nasi goreng. Di Indonesia, nasi goreng sangatlah laku dijual di berbagai tempat makan. Sayangnya, di balik kenikmatan dari nasi goreng, terdapat kandungan kolesterol tinggi di dalamnya.

Sebagai hidangan buatan rumah, nasi goreng biasanya dibuat dengan bahan-bahan yang tersisa dari hidangan lainnya, sehingga sangat beragam jenisnya.

Tapi, keragaman bahan penyusun dari nasi goreng terkadang juga dianggap menjadi biang keladi dari berbagai gangguan kesehatan termasuk hipertensi.

Kadar kalori yang tinggi dari nasi goreng dianggap bisa memicu terjadinya obesitas. Kandungan minyak dan garam dalam nasi goreng juga disinyalir bisa menyebabkan naiknya tekanan darah serta kadar kolesterol dalam tubuh.

Lantas apakah tidak ada cara yang bisa kita lakukan agar tetap bisa mengonsumsi nasi goreng tanpa perlu mengkhawatirkan kolesterol? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal ini bisa dilakukan. Hanya saja, kita tidak akan mendapatkannya jika memesan nasi goreng yang ada di tempat makan. Kita harus membuat nasi goreng ini sendiri sehingga bisa memilih bahan-bahan yang tepat dan mengolahnya dengan benar.

Gunakan minyak yang tepat untuk mengolah nasi goreng. Minyak sayur atau minyak zaitun bisa menjadi pilihan yang tepat mengingat kedua jenis minyak ini memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal atau ganda dan tidak memiliki kandungan lemak jahat yang banyak jika dibandingkan dengan minyak biasa yang bisa kita mudah dapatkan di pasaran. Selain itu, pastikan untuk menggunakan wajan anti lengket agar minyak yang dipakai tidak terlalu banyak. Pastikan pula untuk memakai minyak yang baru, bukannya minyak yang sudah dipakai sebelumnya karena sudah kaya akan kandungan lemak jenuh.

Ada baiknya kita juga tidak menggunakan mentega atau margarin karena kandungan lemak jenuh dari kedua bahan makanan ini sangat tinggi. Jika kita mengonsumsi nasi goreng yang diolah dengan mentega atau margarin, risiko untuk mengalami kolesterol tinggi justru meningkat.

Pastikan untuk menambahkan bahan sayur-sayuran seperti wortel pada nasi goreng. Jangan berikan tambahan bumbu yang kaya sodium seperti saus teriyaki. Menambahkan telur masih bisa menjadi pilihan yang sehat mengingat tingginya nutrisi sehat dari bahan makanan ini.*