10 Mar 2019 17.36.56 - Aditya Y Pradhana

Kuliner Khas Jawa Barat Paling Populer

4. kuliner khas jawa barat paling populer

Makanan dan minuman atau kuliner merupakan bagian dari hidup manusia untuk dikonsumsi. Hakikatnya, manusia memang membutuhkan makan dan minum untuk melanjutkan kehidupan yang diolah sebagai energi untuk dapat beraktifitas. Kuliner itu sendiri merupakan gaya hidup bagi manusia yang tidak dapat dipisahkan. Sebab manusia yang sejatinya membutuhkan makan. Baik makanan sederhana hingga makanan yang berkelas tinggi.

Jenis-jenis Kuliner Khas Jawa Barat Paling Enak

Setiap daerah pasti memiliki kuliner yang khas. Begitu juga dengan Jawa Barat. Provinsi yang memiliki penduduk paling banyak di Indonesia ini tentu saja memiliki beragam kuliner yang khas diantaranya:

Lotek

Kuliner khas Jawa Barat ini tampilannya hampir sama dengan gado-gado, yakni terdiri dari beberapa jenis sayuran yang direbus dan diberi bumbu kacang. Yang membuat Lotek berbeda dengan gado-gado adalah bumbu kacangnya. Bumbu kacang pada Lotek ini menggunakan trasi, sedangkan gado-gado tidak.

Sega Jamblang

Sega Jamblang ini merupakan makanan khas Cirebon. Sega Jamblang ini sangat unik. Apabila nasi lainnya dibungkus dengan daun pisang, maka lain halnya dengan Sega Jamblang yang dibungkus dengan daun jati.

Empal Gentong

Makanan khas Jawa Barat yang satu ini berasal dari Cirebon. Makanan Empal Gentong ini terdiri dari daging sapi yang dimasak dalam gentong khusus menggunakan kayu bakar sehingga menghasilkan cita rasa dan aroma Empal Gentong ini begitu kuat dan sangat sedap.

Karedok

Makanan Karedok ini hampir sama dengan Lotek. Apabila sayur-sayuran yang terdapat pada Lotek direbus, maka sayur-sayuran yang ada di Karedok ini tidak direbus alias mentah. Jenis sayuran dalam karedok yang dijadikan sebagai sayuran pelengkap antara lain yaitu tauge, mentimun, kacang panjnag, kol, terong, dan daun kemangi. Jadi, makanan Karedok ini juga bisa disebut sebagai salad tradisional.

Kuliner Khas Kekinian Bandung, Jawa Barat

Bandung menjadi salah satu surganya kuliner di Jawa Barat. Bandung memiliki beragam menu kekinian. Berikut ini makanan khas Jawa Barat yang kekinian.

Iga Bakar Si Jangkung

Iga Bakar Si Jangkung asal Bandung ini sangat kekinian dan harganya sangat terjangkau, yaitu Rp40.000. Berbeda dengan menu iga lainnya, iga bakar di warung tenda milik Bapak Haryanto ini menyajikan iga bakar dengan cita rasa rempah yang kuat sehingga tidak bau. Daging dari iga ini pun sangat empuk. Anda bisa berkunjung di warung iga bakar ini di Jalan Cipaganti No 75B yang beroperasi mulai dari pukul 12.00 – 23.00 WIB.

Nasi Campur 88

Nasi campur 88 ini tidak kalah popular dengan Iga Bakar si Jangkung. Kuliner yang kekinian ini memiliki komposisi yang terdiri dari nasi, cha siu, samcan, kekian, bakso, telur, bakso goreng, mentimun dan kuah sup. Nasi campur 88 termasuk dalam legenda kuliner. Sebab kuliner ini dijual di kaki lima dan uniknya setiap pengunjung diberi nomor antrean setiap memesan.

Cuanki Serayu

Cuanki merupakan jajanan sejenis bakso yang disajikan dengan tahu dan mie. Cuanki Serayu ini sangat laris manis sehingga bisa tutup lebih cepat. Anda bisa menikmati makanan kekinian ini dengan bandrol harga Rp17.000 perporsi. Ini bisa menjadi objek wisata kuliner yang harus Anda coba.

Batagor Kingsley

Batagor Kingsley ini cukup berbeda dari batagor pada umumnya, sebab disini Anda bisa memilih batagor yang digoreng atau disajikan bersama dengan kuah. Harga batagor kingsley ini dibandrol Rp13.500 perbijinya. Hal ini dikarenakan batagor kingsley menggunakan bahan ikan tenggiri yang kegurihannya sangat terasa. Anda bisa berkunjung di bangunan dua lantai yang terletak di Jalan Veteran No. 25.

Demikianlah beberapa informasi mengenai kuliner khas Jawa Barat yang paling popular. Semoga bermanfaat.