7 Sep 2019 21.24.08 - Iwan

Kesejukan Alam Buper Palutungan

Buper-Palutungan-3

Bumi Perkemahan (Buper) Palutungan merupakan salah satu lokasi yang sering dijadikan tempat untuk berekreasi dan juga untuk berkemah. Tempat ini memang sudah sering dijadikan sebagai lokasi perkemahan, baik itu untuk anak-anak sekolah ataupun anak-anak pramuka.

Bahkan sering juga ada masyarakat umum yang sengaja ngecamp ataupun berkemah di kawasan Bumi Perkemahan Palutungan ini. Bumi Perkemahan Palutungan ini memang letaknya cukup menyejukkan karena terletak di kaki Gunung Ciremai, gunung tertinggi di Jawa Barat.

Selain itu, kawasan di sini juga masih sangat asri dan menyejukkan. Selain terdapat lapangan yang luas yang bisa digunakan untuk berkemah, ada juga mushola untuk melaksanakan solat wajib dan bahkan tersedia juga toilet umum yang keadaannya cukup bersih.

Selain itu juga, bagi kamu yang akan mencoba berkemah di area Bumi Perkemahan Palutungan ini ada juga kantin atau warung. Dimana warung tersebut berada di sebelah kiri pintu masuk (tempat membayar tiket ), dan biasanya ada yang buka sampai malam hari. Tentu dengan keberadaan kantin atau warung tersebut tidak akan membuat anda khawatir jika berkemah di sini dan jika malam-malam perut lapar.

Buper-Palutungan-2

Daya tarik lain yang dimiliki Wisata Bumi Perkemahan Palutungan ini adalah terdapatnya Curug atau Air Terjun yang cukup indah, yaitu Curug Putri yang terletak 200m dari pos. Sejarah dibalik wisata Bumi Perkemahan Palutungan ini pada zaman dulu, kolonial Belanda datang ke Indonesia bertujuan untuk mencari rempah-rempah dalam perdagangannya, negeri Indonesia yang terkenal subur dengan kultur tanah yang cocok untuk bercocok tanam. Bukti peninggalan Belanda di Palutungan adalah adanya bekas pabrik teh di kawasan Erpah Palutungan.

Menurut cerita, tuan-tuan Belanda pada masa itu untuk mendapatkan putri yang cantik, maka putrinya harus dimandikan di air terjun/curug, curug inilah yang sering dipakai untuk mandi putri-putri Belanda semasa imperialismenya, sehingga curug ini dinamakan Curug Putri, serta dalam kenyataannya curug ini terlihat seperti putri. Curug Putri memiliki ketinggian mencapai 20m. Airnya sendiri bersumber langsung dari mata air Gunung Ciremai.

Selain mengunjungi Curug Putri untuk berekreasi, biasanya Curug Putri dikunjungi oleh para pengunjung untuk mencari keberkahan, seperti untuk mencari jodoh, untuk mendapatkan pekerjaan dan lain sebagainya. Selain itu air di curug ini biasa digunakan pula untuk bersuci diri ketika Bulan Ramadhan tiba.*