2,071
Saturday, 07 September 2019 21:04 (4 tahun yang lalu)    Tulis Komentar

Jangan Tertawa Terlalu Keras, Bisa Menyebabkan Asma

Jangan Tertawa Terlalu Keras, Bisa Menyebabkan Asma

Selain hewan berbulu dan tempat berdebu, tahukah kamu jika tertawa terlalu kencang dapat menyebabkan asma muncul. Kok bisa sih?

Asma biasanya ditandai dengan kondisi seperti sesak di dada, gangguan tidur seperti insomnia, batuk, atau kesulitan bernapas. Kondisi ini bisa dipicu oleh banyak hal, termasuk alergi terhadap makanan, kebiasaan merokok, hingga olahraga yang terlalu berat.

Nyatanya, tertawa berlebihan bisa menyebabkan asma kambuh. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Asthm.

Dalam riset tersebut diketahui bahwa hasil survei yang dilakukan terhadap penderita asma dan data yang dimiliki rumah sakit menyatakan bahwa tertawa kencang juga dapat menyebabkan adalah salah satu faktor yang cukup sering menyebabkan serangan asma.

Tertawa terlalu keras dapat menyebabkan otot-otot di bagian saluran napas menjadi kaku. Otot yang tegang dan kaku tersebut otomatis mempersempit saluran napas, hingga akhirnya menyebabkan serangan asma.

Gejala dari serangan asma yang biasanya dialami oleh orang yang tertawa terlalu kencang adalah batuk, mengi atau napas mengeluarkan bunyi, kesulitan bernapas, atau sesak di dada.

Tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa tertawa juga dapat menyebabkan kamu mengalami serangan asma yang cukup serius. Jika tidak ditangani dengan baik, kebiasaan tertawa kencang dapat berujung pada risiko kematian pada penderita asma seperti kegagalan pernapasan atau gagal jantung.

Jika kamu memiliki kebiasaan tertawa terbahak-bahak yang sering menyebabkan kamu mengalami serangan asma secara mendadak, cobalah untuk berkonsultasi kepada dokter untuk menemukan jalan keluarnya.

Sebab, meski tertawa dapat menyebabkan asma, tertawa adalah sebuah reaksi dari rasa bahagia yang tidak boleh dikecilkan maknanya. Cara menghadapi serangan asma jika tak sengaja tertawa terlalu kencang.

Meski kamu telah berusaha sebisa mungkin untuk tidak tertawa terlalu kencang, tentu ada masa saat kamu tidak sengaja kelepasan. Jika saat kamu tertawa menyebabkan kamu mengalami serangan asma, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan sebagai pertolongan pertama pada diri sendiri.

Mulailah dengan duduk yang tegak dan berusaha tetap tenang. Jangan membaringkan tubuh kamu sekali pun kamu merasa tak berdaya. Jika kamu memiliki inhaler asma, gunakan benda tersebut dan semprotkan ke dalam mulut satu kali selama 30-60 detik. Lakukan hal ini hingga maksimal menghirup inhaler sebanyak 10 kali.

Namun, jika setelah melakukannya kondisi kamu tidak membaik atau justru semakin buruk, segera dapatkan bantuan medis profesional. Tetapi jika bantuan tak kunjung datang, hirup kembali inhaler yang kamu miliki hingga bantuan datang.

Hal ini harus kamu ketahui untuk berjaga-jaga jika kamu tidak sengaja tertawa terlalu kencang hingga menyebabkan serangan asma. Karena jika dibiarkan, serangan asma yang kamu alami dapat berpotensi mengancam nyawa.*

tertawa keras terbahak asma kesehatan

Komentar

Komentar telah di non-aktifkan untuk postingan ini

Berita Terkait