10 Agu 2019 13.43.42 - Iwan

Islamic Center, Masjid Termegah di Indramayu

Islamic-Center-2-ok

Jawa Barat sebagai salah satu daerah yang religius memiliki banyak masjid bersejarah maupun yang dibentuk secara megah. Salah satu masjid yang memiliki bentuk arsitektur mumpuni adalah Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan di Indramayu.

Masjid ini sebelumnya adalah rumah ibadah biasa yang sering disinggahi bus-bus yang melintas untuk mengistirahatkan para penumpang sekalian melaksanakan ibadah salat. Tapi sekarang, masjid ini telah di sulap menjadi masjid termegah di Indramayu yang banyak dikunjungan wisatawan.

Salah satu yang bisa membuat kamu nyaman ketika singgah di Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan ini yakni adanya rumput sintetis di tengah-tengah halaman masjid. Kamu bisa melepas lelah di atas rumput sembari memandangi langit Kota Indramayu.

Islamic-Center-4-ok

Kawasan masjid ini memang sangat luas dengan tempat parkiran kendaraan dari depan dan belakang masjid. Keseluruhan area masjid ini memiliki luas mencapai 12 hektare. Adapun yang baru dimanfaatkan seluas 6,2 hektare. Bangunan masjid lantai satu seluas 860 meter persegi, dapat menampung sebanyak 1.250 jemaah. Lantai dua seluas 737 meter persegi dapat menampung hingga 1.000 jemaah.

Adapun kluster masjid seluas 1.800 meter persegi mampu menampung sekitar 2.500 jemaah. Serta pelataran penghubung sekitar 1.000 meter persegi diklaim mampu menampung hingga 1.500 jemaah.

Pembangunan Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan ini dilakukan mulai 2015 dan selesai pada 2018 dengan total anggaran mencapai Rp 122 miliar.

Islamic-Center-3-ok

Bentuk masjid ini mempunyai desain khas, dan menarik di mana terdapat perpaduan model bangunan masjid modern tetapi tidak melewatkan kesan tempo dulu. Ada empat menara yang menjulang setinggi kurang lebih 100 meter di empat sudut.

Bangunan masjid juga dihiasi tiga kubah. Kubah terbesar berada persis di tengah-tengah bangunan dan diapit dua kubah ukuran lebih kecil yang terletak di samping kiri-kanan. Pun ornamen masjid dibuat dengan sangat apik mengesankan arsitektur bangunan masjid Timur Tengah.

Tak terlupakan, terdapat lahan parkir yang cukup luas yang mampu menampung banyak kendaraan roda dua dan roda empat. Tak hanya itu, di dekat halaman parkir pun dibangun taman air mancur yang jumlahnya cukup banyak dan tampak indah. Lebih indah lagi, pemandangan Islamic Center di malam hari. Lampu- lampu ‘light-emitting diode’ , atau LED, menyorotkan formasi cahaya yang sedap dipandang mata.*