9 Agu 2019 20.17.55 - Iwan

Indahnya Sunset di Setu Patok

Setu-Patok-2

Menghabiskan sore di Cirebon, tak lengkap rasanya jika belum menikmati keindahan sunset. Nah, Setu Patok di Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan itu.

Setu ini sebenarnya adalah sebuah waduk yang memiliki pulau kecil di bagian tengahnya. Itulah mengapa kemudian banyak orang menyebutnya dengan Danau Toba Cirebon. Waduk ini berada di sisi luar Kabupaten Cirebon yang memiliki luas sekitar 175 hektare.

Bentuk Setu Patok sendiri seperti layaknya bendungan, tempat untuk menampung air dan dialirkan kala musim kemarau datang. 

Setu-Patok-1

Sebuah kolam yang dibangun membentuk lingkaran. Ada gundukan bukit dan Gunung Ciremai yang bisa dipandang. Indah kala langit pas cerah dan matahari tenggelam sambil membawa bayangan seperti telur ceplok.

Kalau pagi, wilayah ini sering digunakan untuk berolahraga. Ada yang jalan mengelilingi kolam atau sekadar lari-lari kecil. 

Beberapa penduduk ada yang mulai mencari ikan dan bercocok tanam diseputaran kolam. Kalau musim kemarau, akan terlihat pengrajin batu bata membakar karyanya.

Setu-Patok-3

Kala sore menjelang, kamu bisa duduk-duduk saja sambil menikmati matahari tenggelam. Bisa juga sambil melakukan hobby fotografi.  Suasana indah ini bisa lebih syahdu kalau menemukan langit yang memerah kala matahari sudah tenggelam. 

Untuk menuju ke sana, kamu bisa lewat dari Mundu. Bisa juga melalui jalanan menuju Perumnas Gunung.  Jika akan menggunakan angkutan umum, rasanya akan kesulitan. Daerah ini berada di pelosok dan tidak ada angkutan umum. 

Mungkin hanya ojek yang dijangkau dari Perumnas Gunung. Demi kenyamanan, ada baiknya untuk menggunakan kendaraan sendiri.*