7 Agu 2019 20.29.04 - Iwan

Indahnya Panorama Situ Gede Tasikmalaya

Situ-Gede-2

Jika kamu ingin berwisata menaiki perahu namun tidak ingin jauh-jauh pergi ke pantai, maka Situ Gede Tasikmalaya jawabannya. Situ ini menawarkan keindahan panorama alam dengan hiasan hutan yang berada pada sebuah pulau kecil (nusa) yang terletak di tengah situ.

Situ dalam Bahasa Sunda berarti danau, sedangkan Gede memiliki makna besar atau luas, jadi memang pada kenyataannya, Situ Gede ini mempunyai wilayah yang amat luas, yaitu sekitar 47 hektare dengan kedalaman hingga 6 meter.

Ada banyak gazebo yang disediakan oleh pengelola di situ ini. Gazebo-gazebo tersebut berada di atas air yang dilengkapi dengan meja dan kursi sebagai tempat bersantai. Anda bisa memejamkan mata sejenak sembari merasakan kesunyian dan ketenangan obyek wisata ini.

Bersantai seperti ini hanya dapat kamu lakukan ketika hari biasa, sebab di saat musim liburan, cukup banyak pengunjung yang berekreasi di tempat ini.

Situ-Gede-1

Meskipun masih mengusung konsep alami, taman ini sangat nyaman ditempati. Ada tempat-tempat duduk di bawah pohon yang dibuat sedemikian rupa, sehingga pas dijadikan tempat untuk berfoto. Tempat ini benar-benar masih alami. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan kesejukan udara ketika berada di area wisata.

Salah satu daya tarik Situ Gede adalah adanya pulau kecil seluas 1 hektare yang berada di tengah danau. Di dalam pulau tersebut, terdapat 3 buah makam yang konon menjadi asal mula Situ Gede Tasikmalaya. Tempat tersebut adalah tempat dimakamkannya Eyang Prabudilaya beserta satu pengikutnya yakni Jayakerta serta satu makam lagi adalah istri Jayakerta yang konon pandai bernyanyi atau dalam istilah Jawa sering disebut nyinden.

Di samping beberapa fasilitas tersebut, masih ada beberapa fasilitas penunjang lainnya yang bisa pengunjung nikmati diantaranya mushola, kamar mandi, jogging track, dan perahu. Anda bisa melihat-lihat keseluruhan Situ Gede dengan memanfaatkan fasilitas perahu yang ada.

Situ-Gede-3

Situ Gede berada di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis tepatnya di Kecamatan Mangkubumi. Kamu tidak akan menemui kesulitan ketika akan berwisata ke danau ini, sebab jarak tempuh jika kamu sedang berada di Kota Tasikmalaya hanya sekitar 30 menit perjalanan.

Kamu dapat mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil maupun sepeda motor, serta dapat juga menaiki transportasi umum yang tersedia. Banyak sekali danau dengan nama yang sama. Jangan salah tempat, jika kamu sedang berada di kabupaten atau Kota Tasikmalaya, berarti Situ Gede yang dimaksud adalah Situ Gede Tasikmalaya. Jangan sampai, kamu sudah dekat dengan lokasi namun kemudian mencari rute menuju wisata Situ Gede yang berada jauh di luar kota.*