4 Sep 2019 16.16.08 - Iwan

Indahnya Curug Embun Pelangi

Curug-Embun-Pelangi-1

Curug Embun Pelangi atau warga sekitar biasa menyebutnya Curug Ibun ini terletak di Desa Sukadana Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka. Curug ini juga kerap disebut Green Canyon-nya Majalengka oleh warga sekitar.

Pelangi juga sering muncul di sekitar air terjun. Oleh karena itu, air terjun ini dinamakan Embun Pelangi. Kehadiran pelangi di sini bisa dilihat di dua waktu. Waktu pertama muncul dari pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB, sementara yang kedua dari pukul 12.00 WIB hingga 17.00 WIB. Kemunculannya bisa dilihat secara kasat mata. Tetapi, pelangi ini hanya muncul saat hari cerah.

Daya tarik lain dari destinasi ini ada pada dinding batunya. Dinding setinggi 20 meter membentuk lembah dengan sungai di dasarnya. Pada lapisan dinding terlihat guratan menyerupai alur air. Dinding batu tersebut selalu basah karena adanya rembesan air dari celah-celah dinding. Rembesan itulah cikal bakal terbentuknya Air Terjun Embun Pelangi.

Berbeda pada saat Curug Ibun Pelangi ramai pada awal kemunculannya, kini curug ini menjadi sepi kembali seperti semula, hanya beberapa pengunjung saya yang datang kembali.

Curug-Embun-Pelangi-2

Hal ini dikarenakan musibah air bah di Goa Lalay yang menimbulkan korban jiwa sekitar bulan Januari 2015. Jadi ada baiknya juga kamu berkunjung ke air terjun ini pada saat kondisi cuaca cerah atau bahkan musim kemarau, karena bila cuaca hujan dikhawatirkan datangnya air bah.

Menuju lokasi ini terbilang sangat mudah, jalurnya sama dengan jalur menuJu Argalingga atau Curug Muara Jaya/Apuy, atau kurang lebih 3 KM dari Kota Kecamatan Maja.

Menuju lokasi curug harus berjalan dari jalan penghubung Maja-Apuy, melewati ladang sayur-mayur milik warga kemudian harus menuruni tangga, harap berhati hati dikarenakan cukup curam lebih baik berpegangan ke pagar bambu yang sudah dibuat oleh warga sekitar. Tangga menuju dasar sungai masih terbuat dari tanah dan juga bambu.*