9 Agu 2019 20.28.05 - Iwan

Eksotisme Curug Cimahi

Curug-Cimahi-1

Jalan-jalan ke Bandung tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi tempat wisata yang ada di Kota Kembang itu. Hal ini karena Bandung memang memiliki banyak wisata alam yang eksotis. Salah satunya adalah Curug Cimahi.

Lokasi Curug Cimahi ini berada di Jl Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Mudah sekali kamu jangkau karena letaknya di pinggiran Jalan Raya Kolonel Masturi dan tidak jauh dari Universitas Advent Bandung.

Karena letaknya berada di ketinggian 1.050 meter dari atas permukaan laut, suhu udara di Curug Cimahi ini sangat sejuk dan segar, yaitu sekitar 18-22 derajat celsius. Siap-siap bawa jaket dan mantel jika kamu tidak suka udara dingin.

Curug Cimahi dibuka untuk umum sejak tahun 1992 silam, dan sempat ditutup selama 4 tahun untuk renovasi serta revitalisasi pada 2010 sampai 2014.

Curug-Cimahi-2

Sekarang ini Curug Cimahi telah hadir dengan konsep baru yang lebih menarik dan fasilitas tambahan yang lebih lengkap untuk memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Wisata air terjun yang memiliki tinggi 87 meter ini merupakan salah satu wisata air terjun yang tertinggi di Bandung. Curug Cimahi ini jaraknya hanya sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Bandung. Kamu bisa menuju ke Curug Cimahi dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Bila kamu menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil ataupun sepeda motor, rute yang dapat ditempuh adalah melalui jalur Cimahi yang mengarah ke Lembang.

Atau kamu juga bisa melalui jalur Cihideung (Taman Bunga Cihideung) menuju ke arah Cisarua. Bila melewati rute dari Kota Cimahi, kamu bisa melintasi Jl Kolonel Masturi melintasi Universitas Advent Indonesia, terus menuju ke Terminal Parongpong.

Curug-Cimahi-3

Nah, jika kamu memilih menggunakan kendaraan umum, ada beberapa rute yang bisa kamu tempuh. Pertama, kamu bisa naik angkutan umum dari Terminal Ledeng jurusan Sukasari. Tiba di Terminal Sukasari atau depan Villa Istana Bunga, kamu bisa turun dan berjalan kaki sekitar 25 menit atau naik angkot lagi jurusan Cisarua–Lembang dan turun di depan pintu masuk Curug Cimahi.

Bila dari arah Kota Bandung, kamu tinggal naik angkutan umum dari Stasiun Bandung dengan trayek St. Hall – Lembang dan turun tepat di depan pintu gerbang wisata Curug Cimahi. Curug ini buka setiap hari sejak pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB. Kamu cuma merogoh kocek Rp 15 ribu per orang untuk dapat masuk ke curug ini.*