114
Monday, 30 May 2022 12:35 (2 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Di Open House Smart Auladi, Psikolog Anak Singgung Pentingnya Bermain dalam Tumbuh Kembang

Di Open House Smart Auladi, Psikolog Anak Singgung Pentingnya Bermain dalam Tumbuh Kembang

Cirebon, Pasundan.id - Psikolog Anak, Citra Sabrina menyebut bahwa aktivitas bermain merupakan fase penting dalam tumbuh kembang anak. Dalam kata lain, bermain disebutnya sebagai tahap ekplorasi.

Bermain, sambung Citra, sebagai sarana atau media belajar anak. Tak kalah penting, bermain menjadi aktivitas yang sangat berperan besar menstimulasi perkembangan anak. 

Demikian disampaikan Citra dalam agenda talkshow di rangkaian Open House yang diadakan Smart Auladi Islamic Bilingual Preschool, Sabtu (28/5/2022) siang. 

Citra membawakan tema "Mengapa Anak Usia Dini Perlu Bermain di Sekolah". Tema ini diangkat karena diselaraskan dengan misi Smart Auladi Islamic Bilingual Preschool.

Lebih jauh, Citra juga menyinggung peran vital orang tua untuk terlibat aktif dalam proses belajar dengan bermain. "Hal ini bisa dilakukan dengan menstimulasi sejak dini," kata Citra. 

Citra lantas menyebut manfaat dari proses bermain. Diantaranya dapat menstimulasi perkembangan bahasa. Reseptif (menerima pesan) juga ekspresif (mengungkapkan). 

Manfaat lainnya, sambung Citra, yakni perkembangan kognitif. "Anak belajar mengenal konsep-konsep sederhana, konsep menyusun, dan berhitung," ungkap Citra.

Bermain juga secara signifikan berpengaruh pada perkembangan sosial emosi anak. Misalnya belajar berdiskusi, belajar negosiasi, serta konsep problem solving sederhana. 

Tak kalah penting, bermain dapat membantu optimalisasi perkembangan fisik dan keterampilan koordinasi motorik. "Bermain juga menstimulasi kreativitas," tandas Citra. 

Selain talkshow tentang bermain, agenda Open House makin meriah dengan adanya Fun Corner. Seperti  Sensory Corner, Art & Craft Corner, Fun Games Corner, dan Science Corner.

Ditampilkan juga berbagai hasil karya siswa, pembacaan Al Quran, pembacaan Asmaul Husna, serta doa harian dan Hadits. Semua aksi itu dilakukan oleh siswa Smart Auladi.

Smar Auladi Cirebon Open House Bermain Psikolog Anak Citra Sabrina

Komentar

Berita Terkait