17 Mar 2019 19.08.54 - Aditya Y Pradhana

Cibulan Salah Satu Obyek Wisata Tertua Di Kuningan Yang Masih Menjadi Favorit Wisatawan

cibulan

Kuningan – Mekipun begitu banyak bermunculan obyek wisata baru, namun pemandian alami Cibulan miliki pemerintahan Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, yang merupakan salah satu kawasan tertua di Kabupaten Kuningan, tampaknya tidak pernah kehilangan pengunjung, dan masih difavoritkan para wisatawan.

Bahkan yang mengejutkan, menurut pengelola kawasan wisata Cibulan Didi Sutardi, hingga saat ini masih mampu meraup omset kurang lebih Rp 1,1 milyar dalam setahunnya, “Ini kan berarti Cibulan masih mampu bersaing dengan obyek wisata lainnya di Kuningan, baik dengan sesama obyek lama, maupun yang baru didirikan,” ungkapnya.

Didi meyakini, tingginya minat para pengunjung terjadi, karena di obyek wisata ini selain terdapat situs sumur 7 peninggalan Prabu Siliwangi, juga berkat adanya spesies langka ikan dewa, atau kancra bodas yang kini telah masuk menjadi bagian dari 7 keajaiban dunia.

“Selaku putra daerah tentunya kami merasa sangat bangga dengan kondisi Cibulan yang sekarang tak hanya didatangi oleh para wisatawan lokal saja, namun tak jarang pula dikunjungi oleh wisatawan asing, seperti dari Jerman, dan Belanda,” katanya.

Selaku pihak yang dipercaya mengelola, untuk mengantisipasi membludaknya jumlah kunjungan wisatawan, dirinya berencana untuk melakukan pengembangan, “Disamping peningkatan penataan kawasan obyek, kami juga berencana untuk membangun penginapan dan villa di area seputar obyek, agar para wisatawan tidak mengalami kesulitan saat akan beristirahat, dan tentunya agar betah berlama lama juga berada di Cibulan,” ujarnya.

Menurut dia, rencana tersebut telah diajukan, serta telah mendapat dukungan penuh dari pihak Pemerintah Kabupaten Kuningan, terutama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), dan Badan Pelayan Perijinan Terpadu (BPPT).

“Mengingat dengan pengembangan yang dilakukan, tentunya akan mampu menyerap tenaga kerja baru. Juga, kami berharap dengan semakin tertatanya Cibulan, akan membuat wisatawan semakin merasa nyaman, sehingga tidak cuma sekali mereka datang, namun akan kembali dengan membawa pengunjung baru,” jelas Didi.