1,478
Friday, 30 August 2019 20:46 (4 tahun yang lalu)    Tulis Komentar

Bodyrafting di Santirah River Tubing

Bodyrafting di Santirah River Tubing

Santirah River Tubing  terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Obyek wisata yang satu ini paling populer di sekitar kawasan Pangandaran. Alhasil setiap akhir pekan selalu ramai dikunjungi wisatawan, sesekali terlihat wisatawan lokal maupun asing berboyong-boyong mengunjungi objek wisata yang satu ini.

Sudah pernah mencoba bodyrafting bersamaan dengan watertubing? hemm..sensasi baru nih.. Water Tubing atau River Tubing di Santirah yaitu aktivitas arung jeram tanpa perahu atau dengan menggunakan fasilitas ban dalam untuk mengarungi aliran sungai Santirah di Desa Selasari Kecamatan Parigi, dengan dibantu perlengkapan seperti ban dalam, pelampung, serta menggunakan sepatu khusus atau sandal gunung.

Dengan menyusuri sungai Santirah dan melihat keindahan dinding dan ngarainya yang masih alami punya daya tarik tersendiri, apalagi bagi para pecinta alam dan pencinta olahraga air, karena perjalanan akan ditempuh mengarungi sungai jeda waktu sekitar 2-3 jam perjalanan dengan memasuki 3 goa dengan panjang bervariasi, air terjun di kanan kiri sungai, spot jumping yang beragam, serta air terjun air panas.

Dikenal juga sebagai bodyrafting, river tubing ini sebenarnya adalah kegiatan seru di air dengan menaikin ban karet (biasanya berupa bagian dalam roda truck), lalu mengapung sambil menyusuri sebuah sungai.

Bermain di arus liar termasuk salah satu kegiatan favorit di akhir pekan. Santirah River Tubing mungkin bisa menjadi referensi kamu yang masih bingung merencanakan liburan. Pemandangannya yang asri bisa menyegarkan kembali pikiran travelers. Nama Santirah River Tubing mungkin terdengar asing di telinga. Maklum, objek wisata yang satu ini memang terbilang masih baru, karena baru dibuka pada Maret tahun lalu.

Santirah-River-Tubing-4

Kalau kamu berniat memenuhi rasa penasaran dengan Santirah River Tubing, segeralah berkunjung ke tempat ini yang terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Pangandaran. Dari pusat Kota Pangandaran, Santirah River Tubing berjarak kurang lebih 15 kilometer.

Aksesn menuju Santirah River Tubing ini lumayan jauh dari jalan utama. Tapi karena alasan itu, perjalanan ke sana justru jadi lebih mengesankan. Kamu akan dibawa menyusuri perkampungan penduduk yang dikelilingi pegunungan serta areal sawah luas. Makanya, kamu nggak mudah lelah meski harus berjalan jauh karena suasanya sejuk dan menyenangkan.

Lokasi Santirah River Tubing sebenarnya hampir sama dengan Cukang Taneuh atau Green Canyon yang lebih dulu populer di kawasan Pangandaran. Aliran sungai berwarna hijau kebiruan menjadi ciri khas-nya, tapi di Santirah memiliki arus yang lebih deras.

Sebelum menikmati Santirah River Tubing ada sejumlah standar keamanan yang wajib kamu patuhi, salah satunya adalah mengenakan peralatan keselamatan yang udah disediakan pemandu. Mulai dari ban pelampung, jaket, helm sampai pelindung kaki mesti kamu pakai demi meminimalisasi risiko jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan saat mengarungi Sungai Santirah.

Santirah River Tubing nggak cuma memberikan pengalaman seru dengan pemandangan magisnya sepanjang 1,5 kilometer perjalanan atau yang biasa ditempuh dengan waktu dua sampai tiga jam. Di sini, kamu juga akan melewati empat gua dengan panjang yang bervariasi.

Gua pertama yang dikunjungi saat Santirah River Tubing adalah Gua Gendang, yang panjangnya mencapai sepuluh meter, lalu Gua Panjang Santirah dengan panjang hingga 100 meter, traveler. Kemudian, masih ada lagi Gua Lengkob dan Gua Uling yang masing-masing memiliki panjang delapan serta sepuluh meter.*

bodyrafting santira river tubing adrenalin pangandaran air gua

Komentar

Komentar telah di non-aktifkan untuk postingan ini

Berita Terkait