8 Agu 2019 13.55.35 - Iwan

Berenang Sambil Berswafoto di Telaga Nilem

Telaga-Nilem-2

Telaga Nilem merupakan sebuah mata air yang lokasinya berada dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), tepatnya di Kampung Cikalahang, Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Dinamakan Telaga Nilem karena di dalam kolam/telaga ini terdapat banyak ikan nilem.

Kondisi air di tempat ini sangat jernih sekali sehingga bagian dasarnya sangat terlihat jelas yang terdapat kerikil, gang-gang hijau dan lumut. Di sini kamu bisa berenang, menyelam dengan asik dan mengabadikan foto baik dari atas permukaan air ataupun bisa dari dalam air.

Dikelilingi pepohonan yang membuat suasana di sekitar tempat ini menjadi sejuk dan segar. Kedalaman telaga ini berkisar antara setinggi mata kaki, sampai sekitar 2–4 meter untuk yang paling dalam.

Di sini juga ada warung kecil yang biasa menjadi tempat beristirahat, memesan makanan kecil, kopi hangat, atau cenderamata. Warung ini juga menjual underwatercase agar handphone kamu bisa digunakan untuk berswafoto di dalam Telaga Nilem.

Telaga-Nilem-1

Di area atas lokasi wisata, dekat jalur masuk awal, terdapat beberapa rumah berukuran sedang dengan 2 kamar tidur. Rumah-rumah itu merupakan penginapan yang dapat disewa. Penyewaan harus dilakukan beberapa hari sebelum digunakan. Harga yang dibanderol untuk menyewa rumah tersebut sekitar Rp 500 ribu, dapat berubah tergantung tanggal.

Untuk masuk ke tempat ini, kamu cukup merogoh kocek Rp 15 ribu per orang. Cukup murah bukan? Kalo kamu berangkat dari Cirebon, jarak yang perlu kamu tempuh sekitar 24 km, atau 30 menit lama perjalanan.

Soal medan perjalanan, kamu nggak perlu takut, karena kontur jalannya masih tergolong bagus. Sepanjang jalan, kamu bakal disuguhi pemandangan menakjubkan dengan sawah dan gunung sebagai latarnya.*