17 Jun 2019 16.15.17 - el

Beberapa Makanan Khas Cirebon Yang Patut Di Coba

Cirebon salah satu kota yang terdapat di Jawa Barat, kota yang terkenal dengan terasi udangnya ini memiliki beberapa makanan khas seperti kota lainnya, tentunya dengan rasa yang lezat dan harga yang terjangkau. Apa saja makanan khas Cirebon yang patut anda coba saat berkunjung di Kota udang ini?

1. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang menjadi salah satu tombak kuliner di Cirebon. Nama Jamblang sendiri merupakan nama salah satu desa yang terdapat di Kabupaten Cirebon. Beda dari makanan pada umumnya yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang, Jamblang memiliki ciri khas tersendiri yaitu daun jati sebagai pembungkus nasinya. Dengan aneka lauk yang pastinya sangat lezat seperti tahu sayur, sambal, ikan asin, sate kentang, perkedel, talur dadar, sate telur puyuh, sate usus, tahu goreng, tempe goreng, aneka pepes, ayam goreng, cumi, paru goreng dan masih banyak lagi tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

Nasi Jamblang

dok. nasijamblangnengalta.co.id

2. Empal Gentong & Empal Asem

Empal salah satu makanan khas Cirebon ini memiliki dua jenis, yaitu Empal Gentong & Empal Asem. Empal Gentong memiliki ciri khas berkuah santan dengan potongan daging & jeroan sapi, dimasak dengan cara tradisional menggunakan kayu bakar, sesuai dengan namanya Empal Gentong dimasak dengan menggunakan gentong atau periuk tanah liat.

Sedangkan Empal Asem sesuai dengan Namanya memiliki citarasa yang asam namun segar dimulut. Yang membuatnya asem adalah belimbing wuluh, dengan isian yang sama seperti Empal Gentong yaitu daging dan jeroan sapi.

Empal Gentong dan Empal Asem

dok. pubinfo.id

3. Nasi Lengko

Makanan khas Cirebon yang sangat sederhana yaitu Nasi Lengko atau masyarakat Cirebon biasa menyebutnya Sego Lengko, Nasi Lengko merupakan perpaduan nasi putih, potongan tahu tempe, timun, toge, bumbu kacang, kecap, kemudian ditabur dengan bawang goreng dan daun kucai. Rasanya sangat lezat biasanya Nasi Lengko dipadukan lagi dengan gorengan hangat dan telur dadar atau ceplok.

Nasi Lengko

dok. inibaru.id

4. Mie Koclok

Untuk para pecinta Mie, Mie Koclok khas Cirebon ini patut dicoba, sajian mie yang unik ini disajikan dengan kuah santan dengan isian mie, sayur kol, taoge, daun bawang, telur, suwiran ayam, dan bawang goreng. Sangat lezat, apalagi dengan harga yang sesuai kantong kita.

Mie Koclok

dok. masakandapurku.com

5. Docang

Mungkin anda sudah familiar dengan nama makanan satu ini juga, ya Docang namanya dari Bahasa Cirebon singkatan dari dua kata yaitu Bodo (baceman) dari oncom dage dan kacang hijau yang merupakan taoge. Selain dua bahan yang disebutkan diatas tersebut, ada bahan – bahan lainnya seperti lontong, daun singkong, kerupuk, dan sedikit parutan kelapa. Docang biasanya disantap pada saat pagi hari.

Docang

dok. makanajib.com

6. Sate Kalong

Tidak seperti makanan lainnya yang sesuai dengan namanya, Sate Kalong sate ini tidak terbuat dari daging kalong atau kelelawar tapi justru terbuat dari daging kerbau dengan citarasa manisnya, kenapa dinamakan Sate Kalong karena makanan ini dijual pada malam sampai dini hari.

Sate Kalong

dok. JDlines.com

7. Bubur Sop Ayam

Bubur Sop Ayam tidak seperti bubur pada umumnya yang disajikan kering atau menggunakan sedikit kuah kaldu, Bubur Sop Ayam ini disajikan dengan limpahan kuah sop, sayuran, kacang, suwiran ayam, telur, kerupuk dan tambahan tomat yang membuatnya sangat segar saat dimakan.

Bubur Sop Ayam

dok. travelingyuk.com

8. Gado – Gado Ayam

Gado – gado merupakan makanan saladnya orang Indonesia, Gado – Gado Ayam khas Cirebon ini bukan hanya menggunakan siraman bumbu kacang namun ada tambahan siraman lainnya yaitu kuah kari ayam. Dengan isi nya seperti gado – gado pada umumnya menggunakan aneka sayuran dengan tambahan lontong, tahu, telur dan suwiran daging ayam.

Gado - Gado Ayam

dok. pergidulu.com

9. Tahu Gejrot

Makanan khas Cirebon satu ini sangat popular di kota – kota lain seperti Jakarta dan Bandung. Tahu Gejrot hanya berisikan tahu yang disiram dengan air yang sudah diolah dengan gula aren dan kecap yang kemudian direbus, lalu diberi bumbu tambahan yaitu bawang putih, bawang merah dan cabai.

Tahu Gejrot

dok. kuepraktis.yaho-mart.com

10. Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat cocok dibawa pulang dan dijadikan oleh – oleh, Kerupuk warna warni ini memiliki rasa gurih dan manis, apalagi jika disajikan dengan sambal rasanya sangat lezat.

Kerupuk Melarat

dok. masakandapur.com